Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Malaka Sari 04 Pagi, Jakarta Timur sebanyak 26 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus.Keterampilan menulis deskripsi siswa siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥70 mencapai 42,3%, sedangkan pada siklus II mencapai 80,8%. Untuk pengamatan aktivitas guru dan siswa pada siklus I rata-rata mencapai 88%,sedangkan pada siklus II mencapai 94%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN Malaka Sari 04 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu menggunakan pendekatan kontekstual dengan merancang keterkaitan materi dengan kehidupan siswa sehingga kegiatan belajar menjadi bermakna dan menyenangkan.