iMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODELCOOPERATIVELEARNING TIPETWO STAY TWO STRAY(DUA TINGGAL DUA TAMU) PADA SISWA KELAS IV SD(Studi Penelitian Tindakan KelasSDN Kartika Sejahtera 01 Kabupaten Bogor)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penggunaan model Cooperative Learning TipeTwo Stay Two Straypada siswa kelas IV SDN Kartika Sejahtera 01 Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua sejak bulan Maret sampai Mei 2016 dengan subjek penelitian 39 siswa. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart dengan empat tahapansetiap siklusnya, yaituperencanaan, pelaksanaantindakan, observasi dan refleksi.Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Strayadalah model pembelajaran diskusi yang terdiri dari 4 orang siswadengan cara siswa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase yang diperoleh siswa mencapai nilai KKM ≥75 sebesar 59%sedangkan pada siklus II sebesar 87%. Pada hasil data pemantau aktivitas guru sebesar 77% dan aktivitas siswa sebesar 74% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan, hasil pemantau aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas siswa sebesar 94%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Straydapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kartika Sejahtera 01 Kabupaten Bogor tentang materi masalah sosial