UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEMASAK (COOKING ACTIVITY) (Penelitian Tindakan Kelas di R.A Bukhara Pondok Ranggon-Jakarta Timur)
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di RA Bukhara melalui kegiatan cooking activity. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencan aan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di RA Bukhara sebanyak 8 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu melalui teknik observasi berupa catatan lapangan, lembar pemantau tindakan, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Analisis prosentase data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pendapat E.Milis yang menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan sebesar 71%. Analisis pada siklus pertama terdapat peningkatan keterampilan motorik halus sebesar 8,93% menjadi 68,45%. Rata-rata prosentase keseluruhan mengalami peningkatan, namun belum mencapai prosentase yang telah disepakati. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus kedua. Analisis prosentase data pada akhir siklus mengalami peningkatan kembali sebesar 16,07% menjadi 84,52%. Berdasarkan prosentase ketercapaian hasil dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan cooking activity dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun.