MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGENAL KATA BENDA MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF PAPAN PEREKAT PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS III SLB BC DIAN KAHURIPAN JAKARTA TIMUR (Penelitian Tindakan Kelas di SLB BC Dian Kahuripan Jakarta Timur)
Main Author: | DINDA AISYAH, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/7738/1/MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20BAHASA%20INDONESIA.pdf http://repository.unj.ac.id/7738/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia mengenal kata benda melalui alat permainan edukatif Papan Perekat pada peserta didik tunarungu kelas III di SLB BC Dian Kahuripan Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2016 sampai Juni 2016. Subjek penelitian adalah peserta didik tunarungu kelas III di SLB BC Dian Kahuripan yang berjumlah tiga peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang pada setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan pedoman observasi. Hasil belajar bahasa Indonesia melalui alat permainan edukatif dapat diketahui pada siklus I dengan nilai rata-rata 63,3 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 73,3. Penelitian ini menunjukkan bahwa alat permainan edukatif dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia mengenal kata benda pada peserta didik tunarungu kelas III di SLB BC Dian Kahuripan. Peserta didik menjadi lebih bersemangat dan tertarik belajar bahasa Indonesia, suasana selama proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Diharapkan pendidik dapat melakukan pembelajaran bahasa Indonesia melalui alat permainan edukatif yang lebih variatif.