MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS VB SD NEGERI KALIBARU 2 CILODONG DEPOK
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VB SD Negeri Kalibaru 2 Cilodong Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB pada semester 2 tahun ajaran 2015-2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam penyelesaian masalah terkait kubus dan balok mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,23% dan pada siklus II mencapai 84,62%. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT juga meningkat dari perolehan pemantau aktivitas guru siklus I sebesar 73,34% dan pemantau aktivitas siswa sebesar 74,23%. Pada siklus II persentase perolehan pemantau aktivitas guru sebesar 88,34% dan perolehan pemantau aktivitas siswa sebesar 90,51%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatakan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VB SD Negeri Kalibaru 2 Cilodong Depok.