PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS IV SEMESTER 2 BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE
Daftar Isi:
- Penelitian dan Pengembangan ini bertujan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Bahan ajar yang dihasilkan difokuskan dengan tema Sports yang diusung untuk peserta didik kelas IV SD. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan tahapan Atwi Suparman. Penilaian dilakukan dengan melibatkan ahli bidang studi, ahli media, ahli desain instruksional dan peserta didik. Data diperoleh dengan memberikan produk, tes untuk peserta didik dan kuisioner untuk dinilai. Revisi dilakukan untuk memperbaiki kekurangan produk. Penilaian yang didapatkan dari ahli bidang studi sebesar 98% dan 95%, ahli media 98%, ahli desain instruksional 100%, dengan rata-rata penilaian sebesar 97,75%, dan termasuk kategori sangat baik. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Whole Language dimana peserta didik dapat memahami empat keterampilan berbahasa yakni membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis dengan baik tanpa perlu mempelajarinya satu persatu khususnya dengan tema Sports yang akan lebih memperkaya wawasan peserta didik, dan untuk mahasiswa agar dapat menambah inovasi baru dalam bidang pendidikan dan mendapat gambaran untuk melakukan penelitian sejenis.