HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 8 JAKARTA
Main Author: | UMMI MULIA TAMA, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/7573/1/UMMI%20MULIA%20TAMA.pdf http://repository.unj.ac.id/7573/ |
ctrlnum |
7573 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7573/</relation><title>HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN
PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI
8 JAKARTA</title><creator>UMMI MULIA TAMA, .</creator><subject>Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis</subject><description>UMMI MULIA TAMA, Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prestasi
Belajar Siswa Di MAN 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan
Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas
Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient
siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 & 2 MAN 8 dengan
menggunakan data empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya.
Penelitian ini dilakukan di MAN 8 selama 4 bulan pada bulan September hingga
Desember 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan
pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 8
Jakarta. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS 1 & 2
sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 51
orang dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh
data variabel X (Adversity Quotient) dan variabel Y (Prestasi Belajar)
menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala Likert sebanyak 30
butir pernyataan dan data sekunder berupa nilai rapot semester 2 tahun pelajaran
2013/2014. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas dan didapat
hasil untuk variabel X sebanyak 26 butir valid dan 4 butir drop. Dilanjutkan
dengan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X
sebesar 0.866, dengan demikian reliabilitas variabel X dapat dikatakan sangat
tinggi.
Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan
uji Lilifors menghasilkan L hitung = 0,097 sedangkan L tabel =0,124, karena L hitung
< L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang
dihasilkan adalah Ŷ = 58,10 + 0,190X. Dari uji linearitas regresi menghasilkan
Fhitung < F tabel, yaitu 0,85 < 2,15 sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut
linear. Uji keberartian regresi menghasilkan F hitung > F tabel, yaitu 17,93 > 4,03,
artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi yang dihitung
dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy =
0,518 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t
dan dihasilkan thitung = 4,23 > ttabel = 1,68, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar
siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timur. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa koefisien korelasi rxy = 0,518 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang
diperoleh sebesar 26,79%, yang menunjukkan bahwa 26,79% prestasi belajar
siswa ditentukan oleh Adversity Quotient siswa. Hasil perhitungan menyimpulkan
terdapat hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi
belajar pada siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timu</description><date>2015-01-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7573/1/UMMI%20MULIA%20TAMA.pdf</identifier><identifier> UMMI MULIA TAMA, . (2015) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7573</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
UMMI MULIA TAMA, . |
title |
HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN
PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI
8 JAKARTA |
publishDate |
2015 |
topic |
Pendidikan Riset Penelitian Bisnis |
url |
http://repository.unj.ac.id/7573/1/UMMI%20MULIA%20TAMA.pdf http://repository.unj.ac.id/7573/ |
contents |
UMMI MULIA TAMA, Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prestasi
Belajar Siswa Di MAN 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan
Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas
Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient
siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 & 2 MAN 8 dengan
menggunakan data empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya.
Penelitian ini dilakukan di MAN 8 selama 4 bulan pada bulan September hingga
Desember 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan
pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 8
Jakarta. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS 1 & 2
sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 51
orang dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh
data variabel X (Adversity Quotient) dan variabel Y (Prestasi Belajar)
menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala Likert sebanyak 30
butir pernyataan dan data sekunder berupa nilai rapot semester 2 tahun pelajaran
2013/2014. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas dan didapat
hasil untuk variabel X sebanyak 26 butir valid dan 4 butir drop. Dilanjutkan
dengan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X
sebesar 0.866, dengan demikian reliabilitas variabel X dapat dikatakan sangat
tinggi.
Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan
uji Lilifors menghasilkan L hitung = 0,097 sedangkan L tabel =0,124, karena L hitung
< L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang
dihasilkan adalah Ŷ = 58,10 + 0,190X. Dari uji linearitas regresi menghasilkan
Fhitung < F tabel, yaitu 0,85 < 2,15 sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut
linear. Uji keberartian regresi menghasilkan F hitung > F tabel, yaitu 17,93 > 4,03,
artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi yang dihitung
dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy =
0,518 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t
dan dihasilkan thitung = 4,23 > ttabel = 1,68, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar
siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timur. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa koefisien korelasi rxy = 0,518 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang
diperoleh sebesar 26,79%, yang menunjukkan bahwa 26,79% prestasi belajar
siswa ditentukan oleh Adversity Quotient siswa. Hasil perhitungan menyimpulkan
terdapat hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi
belajar pada siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timu |
id |
IOS7130.7573 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-05-07T23:14:35Z |
last_indexed |
2020-05-27T01:34:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502340321869824 |
score |
17.538404 |