HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 8 JAKARTA

Main Author: UMMI MULIA TAMA, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/7573/1/UMMI%20MULIA%20TAMA.pdf
http://repository.unj.ac.id/7573/
ctrlnum 7573
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7573/</relation><title>HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN&#xD; PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI&#xD; 8 JAKARTA</title><creator>UMMI MULIA TAMA, .</creator><subject>Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis</subject><description>UMMI MULIA TAMA, Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prestasi&#xD; Belajar Siswa Di MAN 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan&#xD; Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas&#xD; Negeri Jakarta, 2015.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient&#xD; siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 &amp; 2 MAN 8 dengan&#xD; menggunakan data empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya.&#xD; Penelitian ini dilakukan di MAN 8 selama 4 bulan pada bulan September hingga&#xD; Desember 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan&#xD; pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah&#xD; teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 8&#xD; Jakarta. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS 1 &amp; 2&#xD; sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 51&#xD; orang dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh&#xD; data variabel X (Adversity Quotient) dan variabel Y (Prestasi Belajar)&#xD; menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala Likert sebanyak 30&#xD; butir pernyataan dan data sekunder berupa nilai rapot semester 2 tahun pelajaran&#xD; 2013/2014. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas dan didapat&#xD; hasil untuk variabel X sebanyak 26 butir valid dan 4 butir drop. Dilanjutkan&#xD; dengan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X&#xD; sebesar 0.866, dengan demikian reliabilitas variabel X dapat dikatakan sangat&#xD; tinggi.&#xD; Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan&#xD; uji Lilifors menghasilkan L hitung = 0,097 sedangkan L tabel =0,124, karena L hitung&#xD; &lt; L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang&#xD; dihasilkan adalah &#x176; = 58,10 + 0,190X. Dari uji linearitas regresi menghasilkan&#xD; Fhitung &lt; F tabel, yaitu 0,85 &lt; 2,15 sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut&#xD; linear. Uji keberartian regresi menghasilkan F hitung &gt; F tabel, yaitu 17,93 &gt; 4,03,&#xD; artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi yang dihitung&#xD; dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy =&#xD; 0,518 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t&#xD; dan dihasilkan thitung = 4,23 &gt; ttabel = 1,68, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat&#xD; hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar&#xD; siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timur. Dengan demikian dapat disimpulkan&#xD; bahwa koefisien korelasi rxy = 0,518 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang&#xD; diperoleh sebesar 26,79%, yang menunjukkan bahwa 26,79% prestasi belajar&#xD; siswa ditentukan oleh Adversity Quotient siswa. Hasil perhitungan menyimpulkan&#xD; terdapat hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi&#xD; belajar pada siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timu</description><date>2015-01-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7573/1/UMMI%20MULIA%20TAMA.pdf</identifier><identifier> UMMI MULIA TAMA, . (2015) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7573</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author UMMI MULIA TAMA, .
title HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 8 JAKARTA
publishDate 2015
topic Pendidikan
Riset Penelitian Bisnis
url http://repository.unj.ac.id/7573/1/UMMI%20MULIA%20TAMA.pdf
http://repository.unj.ac.id/7573/
contents UMMI MULIA TAMA, Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prestasi Belajar Siswa Di MAN 8 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 & 2 MAN 8 dengan menggunakan data empiris dan fakta yang sahih, valid serta dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan di MAN 8 selama 4 bulan pada bulan September hingga Desember 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 8 Jakarta. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS 1 & 2 sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 51 orang dengan taraf kesalahan 5%. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Adversity Quotient) dan variabel Y (Prestasi Belajar) menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala Likert sebanyak 30 butir pernyataan dan data sekunder berupa nilai rapot semester 2 tahun pelajaran 2013/2014. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas dan didapat hasil untuk variabel X sebanyak 26 butir valid dan 4 butir drop. Dilanjutkan dengan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0.866, dengan demikian reliabilitas variabel X dapat dikatakan sangat tinggi. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilifors menghasilkan L hitung = 0,097 sedangkan L tabel =0,124, karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 58,10 + 0,190X. Dari uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < F tabel, yaitu 0,85 < 2,15 sehingga disimpulkan bahwa persamaan tersebut linear. Uji keberartian regresi menghasilkan F hitung > F tabel, yaitu 17,93 > 4,03, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,518 selanjutnya dilakukan uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-t dan dihasilkan thitung = 4,23 > ttabel = 1,68, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,518 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 26,79%, yang menunjukkan bahwa 26,79% prestasi belajar siswa ditentukan oleh Adversity Quotient siswa. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara Adversity Quotient siswa dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI IPS MAN 8 di Jakarta Timu
id IOS7130.7573
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-05-07T23:14:35Z
last_indexed 2020-05-27T01:34:12Z
recordtype dc
_version_ 1686502340321869824
score 17.538404