PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 12 JAKARTA

Main Author: SITI SAPTARI QOMARIAH, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/7534/1/Siti%20Saptari%20Qomariah.pdf
http://repository.unj.ac.id/7534/
ctrlnum 7534
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7534/</relation><title>PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN&#xD; MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA&#xD; PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA&#xD; NEGERI 12 JAKARTA</title><creator>SITI SAPTARI QOMARIAH, .</creator><subject>Manajemen Sumber Daya Manusia</subject><description>SITI SAPTARI QOMARIAH. Pengaruh Kualitas Media Pembelajaran dan&#xD; Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa X IIS Pada Mata Pelajaran&#xD; Ekonomi di Kelas X IIS SMA Negeri 12 Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi&#xD; Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan&#xD; Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas media&#xD; pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar pada tataran Sekolah&#xD; Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2015 di SMA&#xD; Negeri 12 Jakarta. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan&#xD; korelasional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Uji validitas&#xD; menggunakan rumus product momen dan uji reliabilitas menggunakan Alpha&#xD; Cronbach dengan hasil 0,893 untuk instrumen kualitas media pembelajaran, serta&#xD; 0,903 untuk instrumen minat belajar artinya memiliki tingkat keajekan (reliabel)&#xD; sangat tinggi.&#xD; Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS 1, X IIS 2 dan X IIS 3 yang&#xD; berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling&#xD; atau sensus. Sensus adalah cara pengumpulan seluruh elemen diselidiki satu&#xD; persatu yang hasilnya merupakan data sebenarnya atau disebut parameter.&#xD; Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dimana kualitas&#xD; media pembelajaran berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, minat belajar&#xD; berpengaruh langsung terhadap hasil belajar serta kualitas media pembelajaran&#xD; berpengaruh langsung terhadap minat belajar.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kualitas media pembelajaran (X1)&#xD; yang secara langsung mempengaruhi hasil belajar adalah 0,4092&#xD; = 0,167 atau&#xD; 16,7%, besarnya pengaruh minat belajar (X2) yang secara langsung&#xD; mempengaruhi hasil belajar adalah 0,3552&#xD; = 0,126 atau 12,6%, dan besarnya&#xD; pengaruh kualitas media pembelajaran (X1) terhadap hasil belajar (Y) dengan&#xD; dimoderatori oleh minat belajar (X2) sebesar 0,154 atau 15,4%. Pengaruh kualitas&#xD; media dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dapat&#xD; dilihat dari koefisien determinasi (R2&#xD; ) sebesar 0,421 menunjukkan variasi hasil&#xD; belajar siswa dapat dijelaskan oleh kualitas media pembelajaran dan minat belajar&#xD; sebesar 42,1%, sedangkan siswanya 57,9% ditentukan faktor-faktor lain yang&#xD; tidak diteliti. Keeratan hubungan secara simultan antara variabel kualitas media&#xD; pembelajaran, minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa adalah kuat sebesar&#xD; 0,649</description><date>2015-07-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7534/1/Siti%20Saptari%20Qomariah.pdf</identifier><identifier> SITI SAPTARI QOMARIAH, . (2015) PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7534</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SITI SAPTARI QOMARIAH, .
title PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 12 JAKARTA
publishDate 2015
topic Manajemen Sumber Daya Manusia
url http://repository.unj.ac.id/7534/1/Siti%20Saptari%20Qomariah.pdf
http://repository.unj.ac.id/7534/
contents SITI SAPTARI QOMARIAH. Pengaruh Kualitas Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa X IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IIS SMA Negeri 12 Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar pada tataran Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2015 di SMA Negeri 12 Jakarta. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Uji validitas menggunakan rumus product momen dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0,893 untuk instrumen kualitas media pembelajaran, serta 0,903 untuk instrumen minat belajar artinya memiliki tingkat keajekan (reliabel) sangat tinggi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS 1, X IIS 2 dan X IIS 3 yang berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau sensus. Sensus adalah cara pengumpulan seluruh elemen diselidiki satu persatu yang hasilnya merupakan data sebenarnya atau disebut parameter. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dimana kualitas media pembelajaran berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, minat belajar berpengaruh langsung terhadap hasil belajar serta kualitas media pembelajaran berpengaruh langsung terhadap minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kualitas media pembelajaran (X1) yang secara langsung mempengaruhi hasil belajar adalah 0,4092 = 0,167 atau 16,7%, besarnya pengaruh minat belajar (X2) yang secara langsung mempengaruhi hasil belajar adalah 0,3552 = 0,126 atau 12,6%, dan besarnya pengaruh kualitas media pembelajaran (X1) terhadap hasil belajar (Y) dengan dimoderatori oleh minat belajar (X2) sebesar 0,154 atau 15,4%. Pengaruh kualitas media dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,421 menunjukkan variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh kualitas media pembelajaran dan minat belajar sebesar 42,1%, sedangkan siswanya 57,9% ditentukan faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Keeratan hubungan secara simultan antara variabel kualitas media pembelajaran, minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa adalah kuat sebesar 0,649
id IOS7130.7534
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-05-07T23:14:35Z
last_indexed 2020-05-27T01:34:12Z
recordtype dc
_version_ 1686502340209672192
score 17.538404