PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 12 JAKARTA
Main Author: | SITI SAPTARI QOMARIAH, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/7534/1/Siti%20Saptari%20Qomariah.pdf http://repository.unj.ac.id/7534/ |
ctrlnum |
7534 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7534/</relation><title>PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN
MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA
NEGERI 12 JAKARTA</title><creator>SITI SAPTARI QOMARIAH, .</creator><subject>Manajemen Sumber Daya Manusia</subject><description>SITI SAPTARI QOMARIAH. Pengaruh Kualitas Media Pembelajaran dan
Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa X IIS Pada Mata Pelajaran
Ekonomi di Kelas X IIS SMA Negeri 12 Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi
Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan
Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas media
pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar pada tataran Sekolah
Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2015 di SMA
Negeri 12 Jakarta. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan
korelasional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Uji validitas
menggunakan rumus product momen dan uji reliabilitas menggunakan Alpha
Cronbach dengan hasil 0,893 untuk instrumen kualitas media pembelajaran, serta
0,903 untuk instrumen minat belajar artinya memiliki tingkat keajekan (reliabel)
sangat tinggi.
Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS 1, X IIS 2 dan X IIS 3 yang
berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling
atau sensus. Sensus adalah cara pengumpulan seluruh elemen diselidiki satu
persatu yang hasilnya merupakan data sebenarnya atau disebut parameter.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dimana kualitas
media pembelajaran berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, minat belajar
berpengaruh langsung terhadap hasil belajar serta kualitas media pembelajaran
berpengaruh langsung terhadap minat belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kualitas media pembelajaran (X1)
yang secara langsung mempengaruhi hasil belajar adalah 0,4092
= 0,167 atau
16,7%, besarnya pengaruh minat belajar (X2) yang secara langsung
mempengaruhi hasil belajar adalah 0,3552
= 0,126 atau 12,6%, dan besarnya
pengaruh kualitas media pembelajaran (X1) terhadap hasil belajar (Y) dengan
dimoderatori oleh minat belajar (X2) sebesar 0,154 atau 15,4%. Pengaruh kualitas
media dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dapat
dilihat dari koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,421 menunjukkan variasi hasil
belajar siswa dapat dijelaskan oleh kualitas media pembelajaran dan minat belajar
sebesar 42,1%, sedangkan siswanya 57,9% ditentukan faktor-faktor lain yang
tidak diteliti. Keeratan hubungan secara simultan antara variabel kualitas media
pembelajaran, minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa adalah kuat sebesar
0,649</description><date>2015-07-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7534/1/Siti%20Saptari%20Qomariah.pdf</identifier><identifier> SITI SAPTARI QOMARIAH, . (2015) PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7534</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SITI SAPTARI QOMARIAH, . |
title |
PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN
MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA
NEGERI 12 JAKARTA |
publishDate |
2015 |
topic |
Manajemen Sumber Daya Manusia |
url |
http://repository.unj.ac.id/7534/1/Siti%20Saptari%20Qomariah.pdf http://repository.unj.ac.id/7534/ |
contents |
SITI SAPTARI QOMARIAH. Pengaruh Kualitas Media Pembelajaran dan
Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa X IIS Pada Mata Pelajaran
Ekonomi di Kelas X IIS SMA Negeri 12 Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi
Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan
Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas media
pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar pada tataran Sekolah
Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2015 di SMA
Negeri 12 Jakarta. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan
korelasional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Uji validitas
menggunakan rumus product momen dan uji reliabilitas menggunakan Alpha
Cronbach dengan hasil 0,893 untuk instrumen kualitas media pembelajaran, serta
0,903 untuk instrumen minat belajar artinya memiliki tingkat keajekan (reliabel)
sangat tinggi.
Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS 1, X IIS 2 dan X IIS 3 yang
berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling
atau sensus. Sensus adalah cara pengumpulan seluruh elemen diselidiki satu
persatu yang hasilnya merupakan data sebenarnya atau disebut parameter.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dimana kualitas
media pembelajaran berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, minat belajar
berpengaruh langsung terhadap hasil belajar serta kualitas media pembelajaran
berpengaruh langsung terhadap minat belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kualitas media pembelajaran (X1)
yang secara langsung mempengaruhi hasil belajar adalah 0,4092
= 0,167 atau
16,7%, besarnya pengaruh minat belajar (X2) yang secara langsung
mempengaruhi hasil belajar adalah 0,3552
= 0,126 atau 12,6%, dan besarnya
pengaruh kualitas media pembelajaran (X1) terhadap hasil belajar (Y) dengan
dimoderatori oleh minat belajar (X2) sebesar 0,154 atau 15,4%. Pengaruh kualitas
media dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dapat
dilihat dari koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,421 menunjukkan variasi hasil
belajar siswa dapat dijelaskan oleh kualitas media pembelajaran dan minat belajar
sebesar 42,1%, sedangkan siswanya 57,9% ditentukan faktor-faktor lain yang
tidak diteliti. Keeratan hubungan secara simultan antara variabel kualitas media
pembelajaran, minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa adalah kuat sebesar
0,649 |
id |
IOS7130.7534 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-05-07T23:14:35Z |
last_indexed |
2020-05-27T01:34:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502340209672192 |
score |
17.538404 |