PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | PUTRI FITRILYA UTAMY, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/7462/1/bismillah.pdf http://repository.unj.ac.id/7462/ |
ctrlnum |
7462 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7462/</relation><title>PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN
TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK
NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015</title><creator>PUTRI FITRILYA UTAMY, .</creator><subject>Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis</subject><description>PUTRI FITRILYA UTAMY.Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan
Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK
Negeri 44 Jakarta Pusat. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan
lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan
Akuntansi SMK Negeri 44 Jakarta Pusat, baik secara parsial maupun secara
simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen,
wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat yang berjumlah 70
orang siswa dengan sampel 58 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas
uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh
secara parsial antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari
hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,767 lebih besar dari ttabel
sebesar 2,000. Lingkungan teman sebaya secara parsial juga terdapat pengaruh
terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan
nilai thitung sebesar 2,280 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Secara simultan ada
pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi
belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung
sebesar 19,406 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,150. Terdapat pengaruh yang
positif dan berarti antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya dengan
prestasi belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,643 dengan demikian, hipotesis
penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2
) sebesar
41,4%.</description><date>2015-06-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7462/1/bismillah.pdf</identifier><identifier> PUTRI FITRILYA UTAMY, . (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7462</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
PUTRI FITRILYA UTAMY, . |
title |
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN
TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK
NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
Pendidikan Riset Penelitian Bisnis |
url |
http://repository.unj.ac.id/7462/1/bismillah.pdf http://repository.unj.ac.id/7462/ |
contents |
PUTRI FITRILYA UTAMY.Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan
Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK
Negeri 44 Jakarta Pusat. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan
lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan
Akuntansi SMK Negeri 44 Jakarta Pusat, baik secara parsial maupun secara
simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen,
wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat yang berjumlah 70
orang siswa dengan sampel 58 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas
uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh
secara parsial antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari
hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,767 lebih besar dari ttabel
sebesar 2,000. Lingkungan teman sebaya secara parsial juga terdapat pengaruh
terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan
nilai thitung sebesar 2,280 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Secara simultan ada
pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi
belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung
sebesar 19,406 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,150. Terdapat pengaruh yang
positif dan berarti antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya dengan
prestasi belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,643 dengan demikian, hipotesis
penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2
) sebesar
41,4%. |
id |
IOS7130.7462 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-05-07T23:14:35Z |
last_indexed |
2020-05-07T23:14:35Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502339801776128 |
score |
17.538404 |