PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: PUTRI FITRILYA UTAMY, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/7462/1/bismillah.pdf
http://repository.unj.ac.id/7462/
ctrlnum 7462
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7462/</relation><title>PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN&#xD; TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA&#xD; KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK&#xD; NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015</title><creator>PUTRI FITRILYA UTAMY, .</creator><subject>Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis</subject><description>PUTRI FITRILYA UTAMY.Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan&#xD; Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK&#xD; Negeri 44 Jakarta Pusat. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan&#xD; lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan&#xD; Akuntansi SMK Negeri 44 Jakarta Pusat, baik secara parsial maupun secara&#xD; simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan&#xD; kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen,&#xD; wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa&#xD; kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat yang berjumlah 70&#xD; orang siswa dengan sampel 58 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan&#xD; adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas&#xD; uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh&#xD; secara parsial antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari&#xD; hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,767 lebih besar dari ttabel&#xD; sebesar 2,000. Lingkungan teman sebaya secara parsial juga terdapat pengaruh&#xD; terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan&#xD; nilai thitung sebesar 2,280 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Secara simultan ada&#xD; pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi&#xD; belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung&#xD; sebesar 19,406 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,150. Terdapat pengaruh yang&#xD; positif dan berarti antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya dengan&#xD; prestasi belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,643 dengan demikian, hipotesis&#xD; penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2&#xD; ) sebesar&#xD; 41,4%.</description><date>2015-06-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7462/1/bismillah.pdf</identifier><identifier> PUTRI FITRILYA UTAMY, . (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7462</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PUTRI FITRILYA UTAMY, .
title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic Pendidikan
Riset Penelitian Bisnis
url http://repository.unj.ac.id/7462/1/bismillah.pdf
http://repository.unj.ac.id/7462/
contents PUTRI FITRILYA UTAMY.Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 44 Jakarta Pusat, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat yang berjumlah 70 orang siswa dengan sampel 58 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,767 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Lingkungan teman sebaya secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,280 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Secara simultan ada pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,406 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,150. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,643 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2 ) sebesar 41,4%.
id IOS7130.7462
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-05-07T23:14:35Z
last_indexed 2020-05-07T23:14:35Z
recordtype dc
_version_ 1686502339801776128
score 17.538404