ctrlnum 7327
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7327/</relation><title>ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP&#xD; (SUATU PENELITIAN DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 1 BEKASI)</title><creator>ANNIS KURNIA RAMADHANI, .</creator><subject>Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dalam pemahaman konsep, penyebab terjadinya kesalahan dalam pemahaman konsep dan seberapa besar persentase tingkat kesalahan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bekasi. Materi yang diujikan pada penelitian ini adalah teorema Pythagoras.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 7 siswa sebagai subjek penelitian yang diwawancara, yaitu 2 siswa kelompok atas, 3 siswa kelompok tengah, dan 2 siswa kelompok bawah. Adapun pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepuluh butir soal matematika yang berbentuk uraian yang dikembangkan dari indikator materi dan pemahaman konsep, serta pedoman wawancara semiterstruktur.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian, dikelompokkan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan teknis, dan kesalahan penarikan kesimpulan, dengan persentase kesalahan konsep 39,29%, kesalahan menggunakan data 3,57%, kesalahan teknis 25%, dan kesalahan penarikan kesimpulan 32,14%. Penyebab kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu siswa hanya membaca soal dengan sekilas dan tidak memahami sepenuhnya maksud dari soal yang diberikan, kurang teliti dalam menentukan data-data yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal hanya terfokus pada informasi yang berupa angka saja, siswa hanya terfokus pada satu cara pengerjaan saja dan tidak mencoba menggunakan cara yang lain untuk menyelesaikan soal, terburu-buru dalam mengerjakan soal, lemah dalam memvisualisasikan soal ke dalam gambar dan kesulitan juga dalam memahami soal berbentuk gambar, serta kurangnya motivasi siswa untuk memahami soal yang diberikan karena berpikir bahwa soal yang diberikan termasuk sulit. Persentase tingkat pemahaman konsep siswa terhadap penguasaan materi teorema Pythagoras ditinjau dari banyaknya kesalahan yaitu sebanyak empat subjek dengan pemahaman konsep 90% dengan kategori paham seluruhnya, satu subjek dengan pemahaman konsep 80% dengan kategori paham sebagian, dan dua subjek dengan pemahaman konsep 70% dengan kategori paham sebagian.</description><date>2016-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/7/1%20HALAMAN%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/8/4%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/9/2%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7327/10/5%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><identifier> ANNIS KURNIA RAMADHANI, . (2016) ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP (SUATU PENELITIAN DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 1 BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7327</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ANNIS KURNIA RAMADHANI, .
title ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP (SUATU PENELITIAN DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 1 BEKASI)
publishDate 2016
topic Matematika
url http://repository.unj.ac.id/7327/1/BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/2/BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/3/BAB%20II.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/4/BAB%20III.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/6/BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/7/1%20HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/8/4%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/9/2%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/10/5%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/7327/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dalam pemahaman konsep, penyebab terjadinya kesalahan dalam pemahaman konsep dan seberapa besar persentase tingkat kesalahan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bekasi. Materi yang diujikan pada penelitian ini adalah teorema Pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 7 siswa sebagai subjek penelitian yang diwawancara, yaitu 2 siswa kelompok atas, 3 siswa kelompok tengah, dan 2 siswa kelompok bawah. Adapun pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepuluh butir soal matematika yang berbentuk uraian yang dikembangkan dari indikator materi dan pemahaman konsep, serta pedoman wawancara semiterstruktur. Berdasarkan hasil penelitian, dikelompokkan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan teknis, dan kesalahan penarikan kesimpulan, dengan persentase kesalahan konsep 39,29%, kesalahan menggunakan data 3,57%, kesalahan teknis 25%, dan kesalahan penarikan kesimpulan 32,14%. Penyebab kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu siswa hanya membaca soal dengan sekilas dan tidak memahami sepenuhnya maksud dari soal yang diberikan, kurang teliti dalam menentukan data-data yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal hanya terfokus pada informasi yang berupa angka saja, siswa hanya terfokus pada satu cara pengerjaan saja dan tidak mencoba menggunakan cara yang lain untuk menyelesaikan soal, terburu-buru dalam mengerjakan soal, lemah dalam memvisualisasikan soal ke dalam gambar dan kesulitan juga dalam memahami soal berbentuk gambar, serta kurangnya motivasi siswa untuk memahami soal yang diberikan karena berpikir bahwa soal yang diberikan termasuk sulit. Persentase tingkat pemahaman konsep siswa terhadap penguasaan materi teorema Pythagoras ditinjau dari banyaknya kesalahan yaitu sebanyak empat subjek dengan pemahaman konsep 90% dengan kategori paham seluruhnya, satu subjek dengan pemahaman konsep 80% dengan kategori paham sebagian, dan dua subjek dengan pemahaman konsep 70% dengan kategori paham sebagian.
id IOS7130.7327
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-05-07T23:14:34Z
last_indexed 2020-05-07T23:14:34Z
recordtype dc
_version_ 1686502339244982272
score 17.538404