ctrlnum 7109
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7109/</relation><title>PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARATIF DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VI SDN TUGU UTARA 01</title><creator>HARAHAP, SITI RODHIA</creator><subject>Bahasa Inggris</subject><description>Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks naratif melalui pembelajaran model kooperatif dengan teknik jigsaw, 2) Menjelaskan peningkatan penulisan teks naratif melalui pembelajaran model kooperatif dengan teknik jigsaw. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang menggunakan dua siklus. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, jurnal observasi harian, serta dokumentasi. Data kuantitatif adalah data dalam bentuk angka dari hasil tes tulis yang diperoleh setelah proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas enam SD Negeri 01 Tugu Utara Jakarta Utara tahun 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran meningkat secara signifikan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw, hasilnya menunjukkan 82,0 pada siklus pertama dan 89,3 pada siklus kedua untuk kegiatan pembelajar dalam pembelajaran. proses, 2) Keterampilan menulis naratif siswa meningkat secara signifikan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah; siklus I adalah 74,18, dan siklus II adalah 83,00.&#xD; &#xD; &#xD; The purpose of this action research are: 1) Describe the learning process of writing narrative text through cooperative model learning with jigsaw technique, 2) Describe the improvement of writing narrative text through cooperative model learning with jigsaw technique. The research design of this research is action research which use two cycles. Data in this research are qualitative and quantitative data. Qualitative data were obtained from observation sheets, daily observation journals, as well as documentation. Quantitative data is data in the form of numbers from the results of writing tests obtained after the learning process with cooperative model learning with jigsaw technique. While the data sources in this study are sixth graders SD Negeri 01 Tugu Utara Jakarta Utara year 2018-2019. The results showed that 1) the activities of learners in the learning process increased significantly after following the learning by using cooperative model learning with jigsaw technique, the result show 82.0 in the first cycle and 89.3 in the second cycle for activities the learner in the learning process, 2) Students' skills of writing narrative increased significantly after following the learning by using cooperative model learning with jigsaw technique. The average value obtained by learners are; cycle I is 74.18, and cycle II is 83.00.&#xD; Keywords:&#xD; Jigsaw, cooperative learning, writing skill, narrative text</description><date>2020-02-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7109/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7109/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7109/3/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7109/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7109/5/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7109/6/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7109/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7109/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HARAHAP, SITI RODHIA (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARATIF DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VI SDN TUGU UTARA 01. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7109</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HARAHAP, SITI RODHIA
title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARATIF DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VI SDN TUGU UTARA 01
publishDate 2020
topic Bahasa Inggris
url http://repository.unj.ac.id/7109/1/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/7109/2/BAB%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/7109/3/BAB%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/7109/4/BAB%203.pdf
http://repository.unj.ac.id/7109/5/BAB%204.pdf
http://repository.unj.ac.id/7109/6/BAB%205.pdf
http://repository.unj.ac.id/7109/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/7109/8/LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/7109/
contents Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks naratif melalui pembelajaran model kooperatif dengan teknik jigsaw, 2) Menjelaskan peningkatan penulisan teks naratif melalui pembelajaran model kooperatif dengan teknik jigsaw. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang menggunakan dua siklus. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, jurnal observasi harian, serta dokumentasi. Data kuantitatif adalah data dalam bentuk angka dari hasil tes tulis yang diperoleh setelah proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas enam SD Negeri 01 Tugu Utara Jakarta Utara tahun 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran meningkat secara signifikan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw, hasilnya menunjukkan 82,0 pada siklus pertama dan 89,3 pada siklus kedua untuk kegiatan pembelajar dalam pembelajaran. proses, 2) Keterampilan menulis naratif siswa meningkat secara signifikan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah; siklus I adalah 74,18, dan siklus II adalah 83,00. The purpose of this action research are: 1) Describe the learning process of writing narrative text through cooperative model learning with jigsaw technique, 2) Describe the improvement of writing narrative text through cooperative model learning with jigsaw technique. The research design of this research is action research which use two cycles. Data in this research are qualitative and quantitative data. Qualitative data were obtained from observation sheets, daily observation journals, as well as documentation. Quantitative data is data in the form of numbers from the results of writing tests obtained after the learning process with cooperative model learning with jigsaw technique. While the data sources in this study are sixth graders SD Negeri 01 Tugu Utara Jakarta Utara year 2018-2019. The results showed that 1) the activities of learners in the learning process increased significantly after following the learning by using cooperative model learning with jigsaw technique, the result show 82.0 in the first cycle and 89.3 in the second cycle for activities the learner in the learning process, 2) Students' skills of writing narrative increased significantly after following the learning by using cooperative model learning with jigsaw technique. The average value obtained by learners are; cycle I is 74.18, and cycle II is 83.00. Keywords: Jigsaw, cooperative learning, writing skill, narrative text
id IOS7130.7109
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-05-07T23:14:32Z
last_indexed 2020-05-07T23:14:32Z
recordtype dc
_version_ 1686502338496299008
score 17.538404