ctrlnum 7108
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/7108/</relation><title>ANALISIS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MATERI PERKEMBANGAN HINDU BUDHA DAN ISLAM DI KELAS X SMK</title><creator>NOFIYAH MARDIANI, .</creator><subject>Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah</subject><subject>Kumpulan Peristiwa Tertentu</subject><description>Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan yang menciptakan peserta didik yang kreatif sehingga siap dalam dunia kerja. Pembelajaran di SMK erat kaitannya dengan kegiatan praktik, dengan begitu pembelajaran di SMK sangat beragam sumber belajar yang digunakan. namun hanya pelajaran tertentu saja yang menggunakan sumber belajar yang beragam banyak mata pelajaran lain tidak menggunakan sumber belajar yang variatif, salah satunya adalah sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis sumber belajar yang digunakan guru pada materi perkembangan Hindu-Budha dan Islam, (2) menganalisis dampak penggunaaan sumber belajar terhadap minat sejarah pada materi Hindu-Budha dan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan beupa analisis deskriptif dengan sampel tiga sekolah, yakni SMKN 42, SMK Cengkareng 1, dan SMK Insan Cita. Informan pada penelitian ini kepada guru sejarah Indonesia dan peserta didik kelas X SMK di tiga sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ditemukan pada tiga sekolah tersebut belum menggunakan sumber belajar sejarah yang variatif. Hanya ditemukan bahwa lebih banyak menggunakan pembelajaran konvensional yakni ceramah dengan satu atau dua sumber belajar pada setiap kali kegiatan pembelajaran.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Vocational High School (SMK) is an educational level that creates creative students so that they are ready in the world of work. Learning in Vocational Schools is closely related to practical activities, so learning in Vocational Schools very diverse sources of learning are used. but only certain subjects that use diverse learning resources many other subjects do not use varied learning resources, one of which is history. This study aims to (1) analyze learning resources used by teachers on Hindu-Buddhist and Islamic development materials, (2) analyze the impact of the use of learning resources on historical interest in Hindu-Buddhist and Islamic material. This study uses a qualitative method with descriptive analysis form with a sample of three schools, namely SMKN 42, SMK Cengkareng 1, and SMK Insan Cita. Informants in this study were Indonesian history teachers and students of class X vocational high schools in the three schools. Based on the results of research that found in the three schools have not used a variety of historical learning resources. It was only found that more use of conventional learning, namely lectures with one or two learning resources at each learning activity.</description><date>2020-04-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/1/COVER%20TESIS%20NOFIYAH.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/2/4.%20LEMBAR%20PERBAIKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/3/5.%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/4/PERSETUJUAN%20PUBLIKASI%20TESIS%20EMPI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/5/ABSTRAK%2C%20DAFTAR%20ISI%2C%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/6/BAB%201%20analisis%20penggunaan%20sumber%20belajar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/7/BAB%20II%20analisis%20sumber%20belajar%20revisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/8/BAB%20III%20analisis%20sumber%20belajar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/9/BAB%20IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/10/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/11/DAFTAR%20PUSTAKA%20analisis%20penelitian%20saya.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/12/LAMPIRAN%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/7108/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> NOFIYAH MARDIANI, . (2020) ANALISIS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MATERI PERKEMBANGAN HINDU BUDHA DAN ISLAM DI KELAS X SMK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>7108</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NOFIYAH MARDIANI, .
title ANALISIS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MATERI PERKEMBANGAN HINDU BUDHA DAN ISLAM DI KELAS X SMK
publishDate 2020
topic Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Kumpulan Peristiwa Tertentu
url http://repository.unj.ac.id/7108/1/COVER%20TESIS%20NOFIYAH.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/2/4.%20LEMBAR%20PERBAIKAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/3/5.%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/4/PERSETUJUAN%20PUBLIKASI%20TESIS%20EMPI.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/5/ABSTRAK%2C%20DAFTAR%20ISI%2C%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/6/BAB%201%20analisis%20penggunaan%20sumber%20belajar.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/7/BAB%20II%20analisis%20sumber%20belajar%20revisi.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/8/BAB%20III%20analisis%20sumber%20belajar.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/9/BAB%20IV%20HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/10/BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/11/DAFTAR%20PUSTAKA%20analisis%20penelitian%20saya.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/12/LAMPIRAN%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://repository.unj.ac.id/7108/
contents Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan yang menciptakan peserta didik yang kreatif sehingga siap dalam dunia kerja. Pembelajaran di SMK erat kaitannya dengan kegiatan praktik, dengan begitu pembelajaran di SMK sangat beragam sumber belajar yang digunakan. namun hanya pelajaran tertentu saja yang menggunakan sumber belajar yang beragam banyak mata pelajaran lain tidak menggunakan sumber belajar yang variatif, salah satunya adalah sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis sumber belajar yang digunakan guru pada materi perkembangan Hindu-Budha dan Islam, (2) menganalisis dampak penggunaaan sumber belajar terhadap minat sejarah pada materi Hindu-Budha dan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan beupa analisis deskriptif dengan sampel tiga sekolah, yakni SMKN 42, SMK Cengkareng 1, dan SMK Insan Cita. Informan pada penelitian ini kepada guru sejarah Indonesia dan peserta didik kelas X SMK di tiga sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ditemukan pada tiga sekolah tersebut belum menggunakan sumber belajar sejarah yang variatif. Hanya ditemukan bahwa lebih banyak menggunakan pembelajaran konvensional yakni ceramah dengan satu atau dua sumber belajar pada setiap kali kegiatan pembelajaran. Vocational High School (SMK) is an educational level that creates creative students so that they are ready in the world of work. Learning in Vocational Schools is closely related to practical activities, so learning in Vocational Schools very diverse sources of learning are used. but only certain subjects that use diverse learning resources many other subjects do not use varied learning resources, one of which is history. This study aims to (1) analyze learning resources used by teachers on Hindu-Buddhist and Islamic development materials, (2) analyze the impact of the use of learning resources on historical interest in Hindu-Buddhist and Islamic material. This study uses a qualitative method with descriptive analysis form with a sample of three schools, namely SMKN 42, SMK Cengkareng 1, and SMK Insan Cita. Informants in this study were Indonesian history teachers and students of class X vocational high schools in the three schools. Based on the results of research that found in the three schools have not used a variety of historical learning resources. It was only found that more use of conventional learning, namely lectures with one or two learning resources at each learning activity.
id IOS7130.7108
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-05-07T23:14:32Z
last_indexed 2020-05-07T23:14:32Z
recordtype dc
_version_ 1686502338491056128
score 17.538404