PENGARUH MEDIA PHOTOSTORY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 35 JAKARTA
Main Author: | Kristofer Josua, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/697/1/Abstrak.pdf http://repository.unj.ac.id/697/2/Skripsi%20Josua%20Kristofer.pdf http://repository.unj.ac.id/697/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media photostory terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek kelas X SMA Negeri 35 Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 pada November-Januari. Metode yang digunakan adalah true experimental. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa, yakni kelas eksperimen 30 peserta didik dan kelas kontrol 30 peserta didik. Diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85. Hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan dengan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 44. Berdasarkan hasil penghitungan data dengan uji-t diperoleh thih,ng = 3,31 > t^bei = 2,00 dalam taraf nyata 0,05. Dengan demikian, hipotesis penelitian mengatakan bahwa terdapat hasil belajar keterampilan menulis teks cerita pendek peserta didik SMA Negeri 35 Jakarta. Berdasarkan hasil penghitungan data penelitian, terlihat bahwa keterampilan peserta didik dalam menulis teks cerita pendek dengan menggunakan media photostory lebih baik daripada keterampilan menulis teks cerita pendek tanpa menggunakan media photostory. Dengan hal ini diketahui dari perbedaan skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rentangan skor pada posttest kelas eksperimen 98 - 70 dengan skor ratarata 85,17, sedangkan rentangan skor pada posttest kelas kontrol adalah 94-41, dengan skor rata-rata 70,80. Berdasarkan hasil penghitungan, skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan skor rata-rata posttest kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan perubahan skor dari skor rata-rata pretest ke skor rata-rata posttest kelas eksperimen mengalami perubahan nilai yang tidak selalu signifikan. Skor rata-rata kelas eksperimen mengalami perubahan sebesar 30,23, sedangkan rata-rata kelas kontrol mengalami perubahan sebesar 19.07. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media photostory terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek peserta didik kelas X SMA Negeri 35 Jakarta. Dengan demikian, terdapat pengaruh media /j/zofosforyterhadap keterampilan menulis teks cerita pendek peserta didik kelas X SMA Negeri 35 Jakarta, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Media photostory dapat dijadikan salah satu media dalam memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar menulis teks cerita pendek. Hal ini disebabkan media photostory dapat melatih menemukan gagasan utama dalam membuat suatu cerita pendek. Media ini juga berimplikasi terhadap teks lainnya, seperti teks fabel, teks laporan berita, teks eksplanasi kompleks, dan teks laporan perjalanan.