PENGARUH MUTU LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KOMITMEN MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SABILI BANDUNG
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara komprehensif bagaimana pengaruh mutu layanan (akademik) dan kepuasan pelanggan (mahasiswa) terhadap komitmen dari mahasiswa kepada perguruan tinggi di Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung (STAI Sabili Bandung). Penelitian dilakukan kepada mahasiswa tahun ketiga dan keempat di STAI Sabili Bandung. Penelitian dilaksanakan selama bulan April hingga September 2018. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode surveymenggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Pengumpulan data dilakukan melalui cara kuesioner isian. Hasil pengujianterhadap hipotesis pertama terdapat pengaruh langsung positif dari mutu layanan terhadap komitmendengan nilai koefisien korelasi r13 = 0,507 dan nilai koefisien jalur ρ31 = 0,322. Kemudian hipotesis kedua terdapat pengaruh langsung positif kepuasan pelanggan terhadap komitmen dengan nilai koefisien korelasi r23 = 0,588 dan nilai koefisien jalur ρ32 = 0,458. Selanjutnya hipotesisketiga terdapat pengaruh langsung positif mutu layanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien korelasi r12 = 0,403 dan nilai koefisien jalur ρ21 = 0,403. The purpose of this study is to know and describe comprehensively the effect of Service Quality and Customer Satisfaction to Commitment of student at Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung (STAI Sabili Bandung).The object of this studystudents in years three and four at STAI Sabili Bandung.This study is doing from April until August 2018. This study is using quantitative study with survey methodand path analisys. Data collecting by questioner. The first hipothesis result there’s positive effect of service quality to commitment with correlation coefisien values r13 = 0,507 and path coefisien values ρ31 = 0,322. The second hipothesis result there’s positive effectof customer satisfaction to commitment with correlation coefisien values r13 = 0,588 and path coefisien values ρ31 = 0,458. The third hipothesis result there’s positive effect of service quality to customer satisfaction with correlation coefisien values r13 = 0,403 and path coefisien values ρ31 = 0,403.