Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan secara utuh tentang upaya guru melaksanakan pendidikan karakter berbasis kelas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pembelajaran berbasis kelas diawali dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam upaya agar peserta didik tidak saja paham tentang apa dan bagaimana pengetahuan diperoleh tetapi mengapa untuk memperkuat karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Selanjutnya data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan triangulasi. Temuan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan disertai oleh kegiatan lain yang mendukung pembelajaran berbasis kelas seperti intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan sudah mencakup nilai-nilai karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, pembelajaran, ilmu pengetahuan sosial (IPS)