PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN GURU DI SMK BINA SISWA UTAMA 1 BEKASI
Main Author: | REFANY NOVIA SIBORO, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/6797/1/SKRIPSI%20REFANY%20NOVIA%20SIBORO%20%288105128080%29.pdf http://repository.unj.ac.id/6797/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru di SMK Bina Siswa Utama 1 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode ex-facto dengan pendekatan korelasional. Pengamatan terhadap SMK Bina Siswa Utama 1 Bekasi dilakukan melalui sensus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap komitmen guru dengan hasil thitung (3,190) > ttabel (1,67793), dan terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru dengan hasil thitung (2,608) > ttabel (1,67793), dan terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru dengan hasil Fhitung (19,466) > Ftabel (3,20). Variasi pengaruh dari kedua variabel bebas dapat diketahui berdasarkan nilai R2 sebesar 0,453. Sehingga 45,3% variabel komitmen guru dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kepuasan kerja dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Keeratan hubungan secara simultan antara variabel kecerdasan emosional, kepuasan kerja, dan komitmen guru adalah kuat sebesar 0,673.