HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI DAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 11 JAKARTA BARAT

Main Author: OVI ALVIONI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/6710/1/Skripsi%20Ovi%20Alvioni%208105123255.pdf
http://repository.unj.ac.id/6710/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X Akuntansi Dan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 11 Jakarta Barat berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari program keahlian akuntansi dan administrasi perkantoran yang berjumlah 140 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 siswa. Untuk menjaring data dari kedua variable digunakan instrument penelitian berbentuk skala likert untuk kecerdasan emosional (Variabel X) dan kemandirian belajar (Variabel Y) Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 35,33 + 0,39 X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan liliefors didapat Lhitung<Ltabel (0,0718<0,0886). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat Fhitung (1,30) <Ftabel (1,61) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung (26,29) >Ftabel (3,94) yang menandakan persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy0,4599. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar siswa. Dari perhitungan Uji-t didapat thitung = 5,127 >ttabel = 1,98 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 21,15% sehingga dapat dikatakan bahwa kemandirian belajar ditentukan oleh kecerdasan emosional sebesar 21,15%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambahkan variabel lain seperti self efficacy, self esteem, motivasi belajar dll