HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KOSUMEN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Main Author: LINDA ROSSIANA, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/6490/1/LINDA%20ROSSIANA.pdf
http://repository.unj.ac.id/6490/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak bulan Januari 2016 sampai Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 68 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menjaring data variabel X (motivasi konsumen) dan data variabel Y (keputusan pembelian), digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar kepada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (motivasi konsumen) sebesar 1.039 dan hasil reliabilitas variabel Y (keputusan pembelian) sebesar 1.041. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 51.638 + 0.3607 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0.05 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0.107. maka Lo<Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fhitung (-1.05) < Ftabel (1.82), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (57.67) > Ftabel (3.99), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0.68. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien denganmenggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (10.28), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 68 – 2 = 66 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1.67, berarti thitung>ttabel.Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0.682 = 0.47. Ini menunjukan bahwa 47% variasi keputusan pembelian ditentukan oleh motivasi konsumen. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi konsumendengan keputusan pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta.