PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA

Main Author: LIA EKAWATI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/6488/1/LIA%20EKAWATI.pdf
http://repository.unj.ac.id/6488/
ctrlnum 6488
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/6488/</relation><title>PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI&#xD; TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 40&#xD; JAKARTA</title><creator>LIA EKAWATI, .</creator><subject>Pendidikan Ekonomi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi&#xD; berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK 40&#xD; Negeri Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai&#xD; bulan april sampai juni 2016. Metode penelitian yang digunakan metode survey&#xD; dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh&#xD; siswa yang berjumlah 525 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini&#xD; adalah 103 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling.&#xD; Data variabel Y (Hasil Belajar) variabel X1 (Motivasi Berprestasi) dan data&#xD; variabel X2 (Konsep Diri) merupakan data primer. Teknik analisis data&#xD; menggunakan SPSS 20.0, dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan&#xD; Fhitung (36,367) &gt; Ftabel (3,09), hal ini berarti X1 dan X2 secara serentak&#xD; berprengaruh terhadap Y. Uji t menghasilkan thitung X1 (5,638) &gt; ttabel (1,658),&#xD; karena thitung &gt; ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang&#xD; positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar&#xD; akuntansi. Kemudian thitung X2 (4.367) &gt; ttabel (1,658), Karena thitung &gt; ttabel, maka&#xD; dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi&#xD; berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi. Kemudian uji&#xD; koefisien determinasi diperoleh 0,649 artinya pengaruh variabel independen&#xD; motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap variabel dependent (hasil belajar)&#xD; sebesar 64,9 %. Berdasarkan Persamaan Regresi Berganda didapat persamaan &#x176;&#xD; = 4,105 + 0,493X1 + 0,345X2 Adapun nilai R2 sebesar 0,649 yang artinya bahwa&#xD; variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel motivasi berprestasi dan&#xD; konsep diri sebesar 649 % dan sisanya sebesar 35,1 % dipengaruhi atau&#xD; dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat&#xD; disimpulkan bahwa, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi&#xD; berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai Fhitung&#xD; 36,367 &gt; Ftabel 3,09. Artinya, jika motivasi berprestasi dan konsep diri tinggi&#xD; maka hasil belajar akan tinggi. Begitupula sebaliknya, jika motivasi berprestasi&#xD; rendah dan konsep diri siswa negatif maka hasil belajar akan rendah.</description><date>2016-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/6488/1/LIA%20EKAWATI.pdf</identifier><identifier> LIA EKAWATI, . (2016) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>6488</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author LIA EKAWATI, .
title PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 40 JAKARTA
publishDate 2016
topic Pendidikan Ekonomi
url http://repository.unj.ac.id/6488/1/LIA%20EKAWATI.pdf
http://repository.unj.ac.id/6488/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK 40 Negeri Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan april sampai juni 2016. Metode penelitian yang digunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 525 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 103 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) variabel X1 (Motivasi Berprestasi) dan data variabel X2 (Konsep Diri) merupakan data primer. Teknik analisis data menggunakan SPSS 20.0, dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung (36,367) > Ftabel (3,09), hal ini berarti X1 dan X2 secara serentak berprengaruh terhadap Y. Uji t menghasilkan thitung X1 (5,638) > ttabel (1,658), karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi. Kemudian thitung X2 (4.367) > ttabel (1,658), Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh 0,649 artinya pengaruh variabel independen motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap variabel dependent (hasil belajar) sebesar 64,9 %. Berdasarkan Persamaan Regresi Berganda didapat persamaan Ŷ = 4,105 + 0,493X1 + 0,345X2 Adapun nilai R2 sebesar 0,649 yang artinya bahwa variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel motivasi berprestasi dan konsep diri sebesar 649 % dan sisanya sebesar 35,1 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan konsep diri terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai Fhitung 36,367 > Ftabel 3,09. Artinya, jika motivasi berprestasi dan konsep diri tinggi maka hasil belajar akan tinggi. Begitupula sebaliknya, jika motivasi berprestasi rendah dan konsep diri siswa negatif maka hasil belajar akan rendah.
id IOS7130.6488
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-04-17T17:51:12Z
last_indexed 2020-04-17T17:51:12Z
recordtype dc
_version_ 1686502336915046400
score 17.538404