PENGEMBANGAN E-MODULE KIMIA KELAS XI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA
Main Author: | Hidayah Sefty Laela, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/648/1/SKRIPSI%20FULL_SEFTY_LAELA_H.pdf http://repository.unj.ac.id/648/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk (1) memperoleh informasi tentang kebutuhan guru dan siswa terhadap sumber belajar siswa berupa e-Module kimia, (2) mendapatkan saran dan masukan dari para ahli materi, bahasa dan media terhadap pengembangan e-Module, (3) mendapatkan saran dan masukan dari guru dan siswa terdahap pengembangan e-Module, (4) memperoleh produk berupa e-Module kimia pada materi termokimia dan mendapatkan dokumen untuk disebarluaskan melalui flasdisk dan dropbox. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu: (1) analisis pendahuluan dan kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan e-Module, (4) validasi eModule oleh ahli materi, bahasa dan media, (5) revisi, (6) uji coba eModule skala kecil, (7) revisi, (8) uji coba e-Module skala besar, (9) revisi akhir e-Module. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 42 Jakarta dan lima guru. Pengembangan e-Module termokimia dibuat dengan menggunakan aplikasi 3D PageFlip Professional 1.7.7. Instrumen yang digunakan diadopsi dari instrumen penilaian buku teks pelajaran kimia SMA/MA oleh Puskurbuk dalam BSNP. Hasil penelitian diperoleh persentase dengan rentang nilai 81,5-84% yang menunjukkan e-Module mendapat respon positif dari siswa. Selain itu, e-Module mendapat respon positif dari guru dengan persentase rentang nilai 80-92,5%. Hasil validasi oleh ahli juga menunjukkan persentase rentang nilai 75-95% yang menyatakan “baik” karena telah memenuhi deskripsi kelayakan e-Module.