PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 89 JAKARTA

Main Author: KENNY ANDIKA, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/6477/1/SKRIPSI%20Kenny%20Andika.pdf
http://repository.unj.ac.id/6477/
ctrlnum 6477
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/6477/</relation><title>PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM&#xD; PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA&#xD; TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA&#xD; KELAS X DI SMA NEGERI 89 JAKARTA</title><creator>KENNY ANDIKA, .</creator><subject>Pendidikan Ekonomi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam&#xD; pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa&#xD; pada siswa kelas X peminatan IIS di SMA Negeri 89 Jakarta, baik secara parsial&#xD; maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan&#xD; pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan&#xD; dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa&#xD; kelas X peminatan IIS yang berjumlah 137 orang siswa dengan sampel&#xD; keseluruhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda,&#xD; dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data&#xD; diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kreativitas guru dalam&#xD; pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data&#xD; yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,054 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656.&#xD; Kecerdasan emosional siswa secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap&#xD; prestasi belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan&#xD; nilai thitung sebesar 2,775 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656. Secara simultan ada&#xD; pengaruh antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional&#xD; siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang&#xD; menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,797 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,06.&#xD; Terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan&#xD; kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien&#xD; korelasi ganda 0,478 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya&#xD; diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 21,7%.</description><date>2016-07-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/6477/1/SKRIPSI%20Kenny%20Andika.pdf</identifier><identifier> KENNY ANDIKA, . (2016) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 89 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>6477</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author KENNY ANDIKA, .
title PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 89 JAKARTA
publishDate 2016
topic Pendidikan Ekonomi
url http://repository.unj.ac.id/6477/1/SKRIPSI%20Kenny%20Andika.pdf
http://repository.unj.ac.id/6477/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas X peminatan IIS di SMA Negeri 89 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X peminatan IIS yang berjumlah 137 orang siswa dengan sampel keseluruhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kreativitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,054 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656. Kecerdasan emosional siswa secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,775 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656. Secara simultan ada pengaruh antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,797 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,06. Terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi ganda 0,478 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 21,7%.
id IOS7130.6477
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-04-17T17:51:12Z
last_indexed 2020-04-17T17:51:12Z
recordtype dc
_version_ 1686502336662339584
score 17.538404