PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 89 JAKARTA
Main Author: | KENNY ANDIKA, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/6477/1/SKRIPSI%20Kenny%20Andika.pdf http://repository.unj.ac.id/6477/ |
ctrlnum |
6477 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/6477/</relation><title>PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM
PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA
KELAS X DI SMA NEGERI 89 JAKARTA</title><creator>KENNY ANDIKA, .</creator><subject>Pendidikan Ekonomi</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam
pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa
pada siswa kelas X peminatan IIS di SMA Negeri 89 Jakarta, baik secara parsial
maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan
dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X peminatan IIS yang berjumlah 137 orang siswa dengan sampel
keseluruhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda,
dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data
diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kreativitas guru dalam
pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data
yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,054 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656.
Kecerdasan emosional siswa secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap
prestasi belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan
nilai thitung sebesar 2,775 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656. Secara simultan ada
pengaruh antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional
siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang
menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,797 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,06.
Terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan
kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien
korelasi ganda 0,478 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya
diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 21,7%.</description><date>2016-07-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/6477/1/SKRIPSI%20Kenny%20Andika.pdf</identifier><identifier> KENNY ANDIKA, . (2016) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 89 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>6477</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
KENNY ANDIKA, . |
title |
PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM
PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA
KELAS X DI SMA NEGERI 89 JAKARTA |
publishDate |
2016 |
topic |
Pendidikan Ekonomi |
url |
http://repository.unj.ac.id/6477/1/SKRIPSI%20Kenny%20Andika.pdf http://repository.unj.ac.id/6477/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam
pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa
pada siswa kelas X peminatan IIS di SMA Negeri 89 Jakarta, baik secara parsial
maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan
dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X peminatan IIS yang berjumlah 137 orang siswa dengan sampel
keseluruhan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda,
dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data
diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara kreativitas guru dalam
pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data
yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,054 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656.
Kecerdasan emosional siswa secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap
prestasi belajar siswa, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan
nilai thitung sebesar 2,775 lebih besar dari ttabel sebesar 1,656. Secara simultan ada
pengaruh antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional
siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang
menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,797 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,06.
Terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru dalam pembelajaran dan
kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien
korelasi ganda 0,478 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya
diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 21,7%. |
id |
IOS7130.6477 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2020-04-17T17:51:12Z |
last_indexed |
2020-04-17T17:51:12Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502336662339584 |
score |
17.538404 |