MODEL BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS TUGAS RANAH KOMUNIKASI BISNIS BAGI TENAGA KERJA ASING: Penelitian Pengembangan di Universitas Multimedia Nusantara

Main Authors: Niknik Mediyawati, Niknik Mediyawati, Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd, Ninuk Lustyantie, Prof. Dr, Emzir, M.Pd, Emzir
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/6366/1/Disertasi_Niknik_Mediyawati_PB_2015.pdf
http://repository.unj.ac.id/6366/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kesenjangan komunikasi karena perbedaan bahasa serta minimnya ketersediaan bahan ajar bahasa Indonesia yang menjawab kebutuhan dialami para tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia. Dibutuhkan penelitian pengembangan bahan ajar BIPA bertujuan khusus komunikasi bisnis agar permasalahan tersebut dapat diatasi. Penelitian pengembangan model bahan ajar bahasa Indonesia berbasis tugas ranah komunikasi bisnis dilakukan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan tujuan mengembangkan dan memperbaiki model bahan ajar bahasa Indonesia yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian dimulai dengan penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan, validasi dan evaluasi, dan diakhiri dengan implementasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model bahan ajar bahasa Indonesia berbasis tugas ranah komunikasi bisnis sangat dibutuhkan. Berdasarkan analisis kebutuhan dan situasi dikembangkanlah model bahan ajar berdasarkan pengembangan model dari Gall dan Borg, pengembangan bahan ajar berbasis tugas dari Hutchinson dan Waters, dan pengembangan model bahan ajar bertujuan khusus dari Barnazd dan Zemach yang diberi nama model mnemonik M E D I A yang menghasilkan buku serial BIPA Komunikasi Bisnis BIPA 4 dan 5 atau level madya dan unggul yang terdiri atas buku kerja guru, buku inti, dan buku kerja peserta serta simakan. Berdasarkan penilaian teman sejawat dan validasi para pakar diperoleh penilaian kelayakan yang menunjukkan bahwa model bahan ajar bahasa Indonesia yang dikembangkan sangat layak digunakan. Setelah diimplementasikan pada kelas besar melalui Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), diperoleh hasil uji efektivitas yang dapat disimpulkan bahwa model bahan ajar BIPA Komunikasi Bisnis bagi tenaga kerja asing efektif digunakan karena dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia peserta tenaga kerja asing. Kata kunci: model bahan ajar BIPA, berbasis tugas, dan komunikasi bisnis.