PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Main Author: | Fitriyani Dewi, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/636/1/Pengaruh%20Pembelajaran%20Inkuiri%20Terbimbing%20Berbasis%20SETS%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Kimia%20Pada%20Materi%20L.pdf http://repository.unj.ac.id/636/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh hasil belajar pada pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS pada kompetensi larutan penyangga. Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 55 Jakarta yang dilaksanakan pada 3 April 2017 sampai dengan 24 Mei 2017. Pemilihan sampel penelitian berdasarkan teknik purposive sampling dari tiga kelas diambil dua kelas, diperoleh kelas XI MIA A sebagai kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS dan kelas XI MIA B sebagai kelompok kontrol menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test grup desain. Instrumen yang digunakan adalah soal esay. Data hasil post-test kedua kelas, dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji t. Hasilnya, pada taraf signifikansi 5%, nilai thitung = 1,868 sedangkan nilai ttabel = 1,669 . Kesimpulannya terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis SETS.