PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA PADA MATERI LAJU REAKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SKRIPSI
Main Author: | Novitasari Amalia, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/624/1/SKRIPSI%20AMALIA.pdf http://repository.unj.ac.id/624/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Module. Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA pada Materi Laju Reaksi Sebagai Sumber Belajar Siswa. Pengembangan e-Module ini dilakukan dengan mengadaptasi tahapan penelitian dan pengembangan Borg & Gall (Sugiyono, 2012) yang terdiri dari tahapan : Analisis pendahuluan dan kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi oleh para ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan revisi, uji coba skala besar, revisi tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan mulai November 2016 hingga Mei 2017. Produk e-Module yang dikembangkan ini menggunakan aplikasi utama yaitu 3D P ageFlip Professional. Hasil reliabilitas antar rater tahap validasi oleh ahli materi dan bahasa diperoleh sebesar 0,89, sedangkan hasil reliabilitas antar rater tahap validasi oleh ahli media diperoleh sebesar 0,99. Hasil uji coba skala kecil siswa keseluruhan indikator diperoleh rentang 84,17%-87,44%, sementara hasil uji coba skala kecil pada guru diperoleh rentang 80,00%-90,00%. Hasil uji coba skala besar siswa keseluruhan indikator diperoleh persentase dengan rentang 87,23%88,92%, hasil uji coba skala besar guru diperoleh rentang 84,00%97,50%. Interpretasi penilaian e-Module oleh para ahli, siswa, maupun guru secara keseluruhan memiliki interpretasi “Baik” hingga “Sangat Baik” pada tiap indikator penilaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa eModule laju reaksi yang telah dikembangkan telah layak digunakan sebagai sumber belajar siswa yang sesuai dengan kebutuhan siswa.