PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 31 JAKARTA TIMUR
Main Author: | DESSY HERFINA, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/6075/1/DESSY%20HERFINA%20%288105128015%29.pdf http://repository.unj.ac.id/6075/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 31 Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X (sepuluh) IIS, dengan jumlah sampel 88 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah propotional random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan proporsi dalam sampel wilayah. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis jalur dalam penelitian ini diketahui bahwa: 1) Motivasi belajar secara langsung mempengaruhi hasil belajar ekonomi. 2) Disiplin belajar secara langsung mempengaruhi hasil belajar ekonomi. 3) Motivasi belajar secara langsung mempengaruhi disiplin belajar. 4) Motivasi belajar secara tidak langsung berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi.