PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN 91 JAKARTA
Main Author: | ARRAHMI PUTRIA MUCHTARAM, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/5997/1/ARRAHMI%20PUTRIA%20MUCHTARAM.pdf http://repository.unj.ac.id/5997/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan metode pembelajaran Problem Solving dan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X Di SMAN 91 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan non equivalent design yang dibagi menjadi kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan metode Problem Solving dan kelas ekperimen 2 dengan metode Team Assisted Individualization. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan kognitif pada materi Sistem dan Alat Pembayaran berupa nilai dari pre test dan post test.Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, uji persamaan rata- rata, uji perbedaan rata-rata dua sampel berpasangan dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelas pada pre test maupun post test kedua kelas menunjukan data yang berdistribusi normal dan homogen. Uji persamaan rata- rata menunjukkan bahwa kelas X IIS 2 dan X IIS 3 memiliki kemampuan yang sama sehingga mampu diberi perlakukan. Pengujian hipotesis dilaksankan dan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X di SMAN 91 dengan menggunakan metode Problem Solving lebih tinggi dibanding menggunakan metode Team Assisted Individualization.