PERBANDINGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN KECAMATAN PASAR REBO JAKARTA TIMUR

Main Author: Yulisari Evi, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/598/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/598/2/5.%20lembar%20pengesahan%20dan%20originalitas.pdf
http://repository.unj.ac.id/598/3/8.%20kata%20pengantar.pdf
http://repository.unj.ac.id/598/4/9.daftar%20isi.pdf
http://repository.unj.ac.id/598/5/2.%20bab%201-5%2C%20dapus.pdf
http://repository.unj.ac.id/598/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih baik antara problem based learning dan model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan multistage random sampling. Teknik Pengumpulan data yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kemandirian belajar. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Anava dua jalur dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran PBL lebih tinggi daripada siswa yang mendapat GDL. Selain itu, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil lain menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran PBL lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran GDL pada kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi