PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 62 JAKARTA

Main Author: AJI HASTOMO JATI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/5931/1/SKRIPSI%20AJI%20HASTOMO%20JATI_8105127987.pdf
http://repository.unj.ac.id/5931/
ctrlnum 5931
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/5931/</relation><title>PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 62 JAKARTA</title><creator>AJI HASTOMO JATI, .</creator><subject>Metode Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui , pengaruh kreativitas berpikir, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 62 Jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode metode ex post de facto dengan pendekatan kausal yang menggunakan data primer (variable eksogen dan variable endogen). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas x iis yang memenuhi kriteria berjumlah 108 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kreativitas berpikir dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung &gt; ttabel atau 4,380 &gt; 1,983 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga kreativitas berpikir memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung &gt; ttabel atau 4,990 &gt; 1,983 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan, terdapat pengaruh antara kreativitas berpikir dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Fhitung &gt; Ftabel (20,043 &gt; 3,08) dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga kreativitas berpikir dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hubungan yang dimiliki tergolong sedang dengan koefisien sebesar 0, 526 dan pengaruh kreativitas berpikir dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 62 Jakarta sebesar 27,6%.</description><date>2016-06-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5931/1/SKRIPSI%20AJI%20HASTOMO%20JATI_8105127987.pdf</identifier><identifier> AJI HASTOMO JATI, . (2016) PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 62 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>5931</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author AJI HASTOMO JATI, .
title PENGARUH KREATIVITAS BERPIKIR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 62 JAKARTA
publishDate 2016
isbn 9788105127983
topic Metode Belajar Mengajar
url http://repository.unj.ac.id/5931/1/SKRIPSI%20AJI%20HASTOMO%20JATI_8105127987.pdf
http://repository.unj.ac.id/5931/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui , pengaruh kreativitas berpikir, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 62 Jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode metode ex post de facto dengan pendekatan kausal yang menggunakan data primer (variable eksogen dan variable endogen). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas x iis yang memenuhi kriteria berjumlah 108 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kreativitas berpikir dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 4,380 > 1,983 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga kreativitas berpikir memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel atau 4,990 > 1,983 dengan angka signifikansi 0,000 sehingga motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Secara simultan, terdapat pengaruh antara kreativitas berpikir dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (20,043 > 3,08) dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga kreativitas berpikir dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hubungan yang dimiliki tergolong sedang dengan koefisien sebesar 0, 526 dan pengaruh kreativitas berpikir dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 62 Jakarta sebesar 27,6%.
id IOS7130.5931
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-04-17T17:51:10Z
last_indexed 2020-04-17T17:51:10Z
recordtype dc
_version_ 1686502335207964672
score 17.538404