PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP MINAT PADA STUDI LANJUT SISWA KELAS XII DI SMA SANDIKTA BEKASI
Main Author: | ADHANI SULISTYOWATI, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/5904/1/skripsi%20_%20Adhani%20S%20_%20NIM%208105120480.pdf http://repository.unj.ac.id/5904/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi terhadap minat pada studi lanjut siswa kelas XII di SMA Sandikta Bekasi. Penelitian ini dilakukan terhitung mulai bulan Maret sampai bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan karelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMA Sandikta Bekasi yang berjumlah 214 siswa. Dan sampel yang diambil sebanyak 135 siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional (proportional random sampling). Data variabel X1(Motivasi Belajar) didapat dari hasil pengisian instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data (Status Sosial Ekonomi) dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang didapat dari data sekolah. Sedangkan data variabel Y (Minat pada Studi Lanjut) didapat dari hasil pengisian instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data tersebut kemudian diuji validitas dan realibilitas, lalu analisis melalui teknik regresi berganda serta uji asumsi klasik. Hipotesis diuji dengan signifikan pada 0,05 margin of error menggunakan t-test dan analisis varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan status sosial ekonomi terhadap minat pada studi lanjut siswa dengan persamaan regresi Ŷ = 31,603 + 0,278X1 + 2,641X2. Dari hasil analisa data, diperoleh Fhitung adalah 78,418 > Ftabel 3,060. Ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan status sosial ekonomi terhadap minat pada studi lanjut siswa diterima. Sementara itu, koefisien determinasi untuk R2 adalah 54,3% sedangkan sisanya 45,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti