KEGIATAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) OLEH GURU YANG BERLATAR BELAKANG SENI TARI DI SMPN 243
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kegitan pembelajaran seni musik dalam mata pelajaran SBK oleh guru yang memiliki latar belakang seni tari di SMPN 243 Cipinang Jakarta Timur. Waktu dan Tempat Penelitian ini dimulai pada bulan Maret 2016 hingga bulan Mei 2016 yang dilakukan di SMPN 243 Cipinang, Jakarta Timur. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, studi kasus, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil Penelitian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang tercapai, karena guru menyampaikan materi pembelajaran terlalu terfokus kepada teori. Pada kegiatan inti pelajaran, guru hanya menjelaskan contoh melalui buku mata pelajaran, sedangkan praktik hanya sekali dilakukan. Latar belakang guru berpengaruh terhadap aspek pembelajaran di kelas, guru wajib terlebih dahulu menguasai materi, baik teori maupun praktik. Guru yang mengajar seni musik diharapkan memiliki latar belakang pendidikan musik