Daftar Isi:
  • Penelitian ini melihat bagaimana keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian memiliki tujuan untuk memperoleh data mengenai keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran di wilayah Kelurahan Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur dengan teknik survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik cluster quota sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran berada dalam kategori sedang dalam 2 komponen atau aspek. Kemudian dua komponen atau aspek tersebut terbagi masing-masing 2 indikator. Kehadiran orang tua dalam menghadiri acara di Pos PAUD dihampir semua indikator mendapatkan presentase yang tinggi tetapi termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini secara praktis menunjukan bahwa keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran anak di sekolah berada pada kategori sedang atau cukup baik yaitu sebesar 54%. Sehingga hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran serta komunikasi orang tua dengan guru dan kepala sekolah perlu dibangun dan ditingkatkan lagi. This study looks at how parental involvement in the learning process has a very big influence on children's growth and development. The research aims to obtain data regarding the involvement of parents in the learning process in the area of Utan Kayu Selatan Village, East Jakarta with survey techniques. The data analysis technique used is the cluster quota sampling technique. The results showed that the involvement of parents in the learning process was in the medium category in 2 components or aspects. Then the two components or aspects are divided into 2 indicators each. The presence of parents in attending events at PAUD Post in almost all indicators received a high percentage but included in the medium category. This research practically shows that the involvement of parents in the learning process of children in school is in the moderate or good category at 54%. So the results of this study provide an overview of the involvement of parents in the learning process and communication between parents and teachers and principals need to be built and improved again.