Daftar Isi:
  • Penelitian survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pemahaman guru PAUD tentang kemampuan berbahasa anak usia 3-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kecamatan Pondok Aren, Tanggerang Selatan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan November 2019. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dan menggunakan angket atau kuisioner sebagai teknik untuk pengambilan data. Sampel yang dipilih sebagai responden pada penelitian ini adalah guru yang mengajar di lembaga PAUD nonformal di wilayah kecamatan Pondok Aren. Guru yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah guru yang memiliki latar belakang pendidikan belum Strata 1 atau S1. Analisis data pada penelitian ini dibagi berdasarkan indikator dan pengelompokan responden berdasarkan keikutsertaan dalam pelatihan tentang PAUD. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan bahwa pemahaman guru PAUD tentang kemampuan berbahasa anak usia 3-5 tahun di wilayah kecamatan Pondok Aren memperoleh kategori kurang. Secara keseluruhan pemahaman yang dimiliki guru tentang kemampuan berbahasa anak masih tergolong kurang. Sebanyak 76% guru berada dalam kategori kurang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemahaman yang dimiliki guru tentang kemampuan berbahasa anak masih tergolong kurang. Penting bagi seorang guru untuk memiliki pemahaman tentang kemampuan berbahasa anak guna mambantu anak mengembangkan kemampuan berbahasanya. Diharapkan guru mampu untuk meningkatkan pemahaman tentang kemampuan berbahasa anak. This survey research purpose to provide a representation of PAUD teachers' understanding of the language skills of children aged 3-5 years. This research was held in in the subdistrict of Pondok Aren, South Tangerang. The research data collection was conducted in October until November 2019. This research method uses survey methods and uses a instruments or questionnaire as a technique for data retrieval. The sample chosen as respondents in this research were teachers who teach in nonformal PAUD institutions in Pondok Aren subdistrict. Teachers who become the sample in this research are teachers who have educational background not yet Bachelor or S1. Data analysis in this research was divided based on indicators and grouping of respondents based on participation in training on PAUD. The overall results of this research showed that PAUD teachers' understanding of language skills of children aged 3-5 years in the Pondok Aren subdistrict area received a deficient category. Overall, the teacher's understanding of children's language skills is still deficient. Some 76% of teachers were in the deficient category. It is important for teachers to have an understanding of children's language skills to help children develop their language skills. It is expected that teachers are able to increase the understanding of a child's language ability.