MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA TUNARUNGU KELAS II SKH KORPRI PANDEGLANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar melalui penggunaan media pop-up book pada siswa tunarungu kelas II SKh KORPRI Pandeglang. Penelitian dibatasi pada kemampuan mengenal bangun datar persegi, persegi panjang, segitiga dan lingkaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas II SKh KORPRI Pandeglang yang berjumlah empat orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Data diperoleh dari hasil pengamatan selama tindakan dan hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I peningkatan yang terjadi belum sesuai dengan yang diharapkan, dimana hanya ada satu dari empat subyek yang dapat mencapai hasil tindakan yang diharapkan. Pada siklus II, semua subyek penelitian telah berhasil melampaui hasil yang diharapkan. Berdasarkan uraian di atas, penggunaan media pop-up book dalam pembelajaran matematika materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar. This research aims to increase mathematics score on shape material using pop-up book for the student with hearing impairment grade 2 at SKh KORPRI Pandeglang. The limit of this research is on the ability to recognize square, rectangle, triangle and circle shape. Subjects of this research are 4 students with hearing impairment grade 2 at SKh KORPRI Pandeglang. The method used in this research is classroom action research by Kemmis and Taggart. This research conducted in 2 cycles, each cycle consist of plan, act and observe, as well as reflect. Data obtained from the writen test and observation during the act. The result shown the increment. However the increment did not meet the expectation in cycle I as there was only one of four subjects that could reach the expected result. In cycle II, all of the subjects could reach the expected result. Based on description above, pop-up book can help increasing math scores on the shape material for students with hearing impairment.