ctrlnum 5526
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/5526/</relation><title>PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BABELAN BEKASI</title><creator>MIA JAHRIDA HARAHAP, .</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Teori, Penelitian Pendidikan</subject><subject>Aneka Ragam tentang Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pictorial riddle terhadap pembentukan karakter bersahabat pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebalen 02, Kecamatan Babelan, Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen murni yang menggunakan desain berupa pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert dan instrumen pengamatan. Adapun perhitungan analisis data menggunakan uji-t dengan hasil perhitungan, yakni thitung diperoleh angka sebesar 4,696 dan ttabel untuk taraf signifikansi &#x3B1; = 0,05 dengan df = 58 yakni sebesar 2,00. Ketika hasil perhitungan thitung lebih dari ttabel, maka sebagaimana pengambilan keputusan dalam uji hipotesis menyatakan bahwa hipotesis nol ditolak atau hipotesis kerja diterima. Hal ini menerangkan, penerapan metode pictorial riddle berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter bersahabat pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Babelan Bekasi. Dengan demikian, metode pictorial riddle dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam membentuk karakter bersahabat pada siswa di sekolah dasar.&#xD; This study aims to determine the effect of the application of the pictorial riddle method to becoming of friendly characters in fifth grade students at Kebalen 02 Elementary School, Babelan, Bekasi. This research was conducted in January 2020. This type of research is quantitative research with true-experimental methods that use a pretest-posttest control group design. The research sample was taken using cluster random sampling technique. Data collection techniques using a Likert scale questionnaire and observation instruments. The calculation of data analysis using t-test with the results of calculations, namely tcount obtained a number of 4.696 and ttable for the significance level &#x3B1; = 0.05 with df = 58 which is equal to 2.00. When the calculation results of tcount is more than ttable, then as the decision making in the hypothesis test states that the null hypothesis is rejected or the working hypothesis is accepted. This explains, the application of the pictorial riddle method has a positive effect to becoming of friendly characters in fifth grade students in elementary schools in the Babelan District of Bekasi. Therefore, the pictorial riddle method can be used as an alternative learning in forming friendly characters in students in elementary schools.</description><date>2020-02-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/3/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/4/LEMBAR%20ORIGINALITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/5/LEMBAR%20PERNYATAAN%20PERSETUJUAN%20PUBLIKASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/6/KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/7/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/8/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/9/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/10/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/11/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/12/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/14/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5526/15/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> MIA JAHRIDA HARAHAP, . (2020) PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BABELAN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>5526</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MIA JAHRIDA HARAHAP, .
title PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BABELAN BEKASI
publishDate 2020
topic Pendidikan
Teori
Penelitian Pendidikan
Aneka Ragam tentang Pendidikan
url http://repository.unj.ac.id/5526/1/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/3/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/4/LEMBAR%20ORIGINALITAS.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/5/LEMBAR%20PERNYATAAN%20PERSETUJUAN%20PUBLIKASI.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/6/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/7/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/8/BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/9/BAB%20II.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/10/BAB%20III.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/11/BAB%20IV.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/12/BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/14/LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/15/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://repository.unj.ac.id/5526/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pictorial riddle terhadap pembentukan karakter bersahabat pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebalen 02, Kecamatan Babelan, Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen murni yang menggunakan desain berupa pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert dan instrumen pengamatan. Adapun perhitungan analisis data menggunakan uji-t dengan hasil perhitungan, yakni thitung diperoleh angka sebesar 4,696 dan ttabel untuk taraf signifikansi α = 0,05 dengan df = 58 yakni sebesar 2,00. Ketika hasil perhitungan thitung lebih dari ttabel, maka sebagaimana pengambilan keputusan dalam uji hipotesis menyatakan bahwa hipotesis nol ditolak atau hipotesis kerja diterima. Hal ini menerangkan, penerapan metode pictorial riddle berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter bersahabat pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Babelan Bekasi. Dengan demikian, metode pictorial riddle dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam membentuk karakter bersahabat pada siswa di sekolah dasar. This study aims to determine the effect of the application of the pictorial riddle method to becoming of friendly characters in fifth grade students at Kebalen 02 Elementary School, Babelan, Bekasi. This research was conducted in January 2020. This type of research is quantitative research with true-experimental methods that use a pretest-posttest control group design. The research sample was taken using cluster random sampling technique. Data collection techniques using a Likert scale questionnaire and observation instruments. The calculation of data analysis using t-test with the results of calculations, namely tcount obtained a number of 4.696 and ttable for the significance level α = 0.05 with df = 58 which is equal to 2.00. When the calculation results of tcount is more than ttable, then as the decision making in the hypothesis test states that the null hypothesis is rejected or the working hypothesis is accepted. This explains, the application of the pictorial riddle method has a positive effect to becoming of friendly characters in fifth grade students in elementary schools in the Babelan District of Bekasi. Therefore, the pictorial riddle method can be used as an alternative learning in forming friendly characters in students in elementary schools.
id IOS7130.5526
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-04-17T17:51:05Z
last_indexed 2020-04-17T17:51:05Z
recordtype dc
_version_ 1686502333738909696
score 17.538404