Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh smartphone addiction terhadap stres akademik mahasiswa. Subjek penelitian ini terdiri dari 137 responden mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian merupakan metode kuantitatif dengan instrument berupa kuesioner. Alat ukur stres akademik menggunakan instrumen Academic Stress Inventory oleh Lin dan Chen (2009) dengan tujuh aspek yaitu Teacher stress, Results stress, Test Stress, Studying in Groups Stress, Peer Stress, Time Management Stress dan Self-inflicted Stress. Pengukuran smartphone addiction menggunakan instrumen Smartphone addiction Scale Short-Version oleh Kwon, dkk (2013) dengan enam aspek yaitu Daily-life Disturbance, Positif Anticipation, Withdrawal,Cyberspace-oriented Relationship, Overuse, dan Tolerance. Uji analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini menggunakan Analisis Regression. Hasil peneilitian menunjukkan nilai F hitung = 8.503 lebih besar dari F tabel = 3.91 dan nilai p = 0.004 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh smartphone addiction terhadap stres akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta.