PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA: Studi Action Research di Kelas VII F SMPN 275 Jakarta

Main Author: Intan Bahriani Khaer, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/517/1/Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Inside-outside%20Circle%20%28IOC%29%20untuk%20Meningkatkan%20Hasil.pdf
http://repository.unj.ac.id/517/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai penerapan model pembelajaran Inside-outside Circle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII F di SMPN 275 Jakarta sejak bulan Februari sampai bulan Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas atau classroom action research yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru IPS. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian test hasil belajar terjadi peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus 1 sebesar 50% (18 siswa) mendapat nilai di atas KKM 74, pada siklus 2 sebanyak 72% (26 siswa) mendapat nilai di atas KKM 74, dan pada siklus 3 sebesar 83% (30 siswa) mendapat nilai di atas KKM 74. Selain itu model pembelajaran Inside-outside Circle mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam aspek bertanya, menjawab, berpendapat, dan memecahkan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside-outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, sehingga siswa mampu mengembangkan keaktifan dalam belajar dan dapat memperoleh hasil belajar IPS yang lebih baik yaitu di atas KKM 74.