ctrlnum 5036
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/5036/</relation><title>PEMANFAATAN MUSEUM BAHARI DI JAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH</title><creator>NOVITASARI, .</creator><subject>Kumpulan Peristiwa Tertentu</subject><subject>Kronologis Sejarah</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pemanfaatan Museum Bahari di Jakarta sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan/ Sekolah Menengah Atas.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei melalui penyebaran angket. Jawaban dari responden dideskripsikan dalam bentuk tabulasi frekuensi atau persentase yang diperoleh dari penyebaran angket. Populasi penelitian adalah pengunjung siswa kelas X SMKN 26 Jakarta, siswa kelas XI SMKN 60&#xD; Jakarta, dan siswa kelas XII SMAN 84 Jakarta. Dengan jumlah responden sebanyak&#xD; 54 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampel purposive&#xD; &#xD; Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Museum Bahari di Jakarta sebagai sumber belajar sejarah sudah baik. Hal ini didukung dengan data sebesar sebanyak (100%) menyatakan Museum Bahari dapat membantu siswa dalam memahami materi, 100% Koleksi yang ada di Museum Bahari memiliki keterkaitan dengan materi pembelajaran Indonesia pada masa Kolonialseme yang mempelajari kedatangan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda) di Indonesia, sebesar 72,23% mereka menyatakan bahwa tidak terdapat kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan Museum Bahari. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Museum Bahari sebagai sumber belajar sejarah sangat membantu dalam proses pembeljaran sejarah.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; This study aims to obtain empirical data about utilization of Museum Bahari in Jakarta as history learning sources for high school students or vocational high school.&#xD; &#xD; This study uses a descriptive method with survey techniques through questionnaires. Answers from respondents are described in the form of frequency tabulations or percentages obtained from questionnaires. The Study population was visitors students in class X at SMKN 26 Jakarta, students in class XI at SMKN 60&#xD; Jakarta, students in class XII at SMAN 84 Jakarta. With the number of respondents as&#xD; many as 54 students obtained using purposive sample&#xD; &#xD; Based on the results of the study showed that the use of Museum Bahari in Jakarta As History Learning Sources is good. This is supported by data of 100% can help students understand the material. 100% of the collections in Museum Bahari are related to Indonesian learning material during colonialism which studied the arrival of Europeans ( Portuguese, Spanish, English, and Dutch) in Indonesian. 72,3% of them stated that no constraint that faced in Utilization of Museum Bahari. So it can be concluded that utilization of Museum Bahari as history learning sources is very helpful in the process of learning history.</description><date>2020-01-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5036/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5036/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5036/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5036/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5036/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5036/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5036/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/5036/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> NOVITASARI, . (2020) PEMANFAATAN MUSEUM BAHARI DI JAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>5036</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NOVITASARI, .
title PEMANFAATAN MUSEUM BAHARI DI JAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH
publishDate 2020
topic Kumpulan Peristiwa Tertentu
Kronologis Sejarah
url http://repository.unj.ac.id/5036/1/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/5036/2/BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/5036/3/BAB%20II.pdf
http://repository.unj.ac.id/5036/4/BAB%20III.pdf
http://repository.unj.ac.id/5036/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.unj.ac.id/5036/6/BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/5036/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/5036/8/LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/5036/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pemanfaatan Museum Bahari di Jakarta sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan/ Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei melalui penyebaran angket. Jawaban dari responden dideskripsikan dalam bentuk tabulasi frekuensi atau persentase yang diperoleh dari penyebaran angket. Populasi penelitian adalah pengunjung siswa kelas X SMKN 26 Jakarta, siswa kelas XI SMKN 60 Jakarta, dan siswa kelas XII SMAN 84 Jakarta. Dengan jumlah responden sebanyak 54 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampel purposive Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Museum Bahari di Jakarta sebagai sumber belajar sejarah sudah baik. Hal ini didukung dengan data sebesar sebanyak (100%) menyatakan Museum Bahari dapat membantu siswa dalam memahami materi, 100% Koleksi yang ada di Museum Bahari memiliki keterkaitan dengan materi pembelajaran Indonesia pada masa Kolonialseme yang mempelajari kedatangan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda) di Indonesia, sebesar 72,23% mereka menyatakan bahwa tidak terdapat kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan Museum Bahari. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Museum Bahari sebagai sumber belajar sejarah sangat membantu dalam proses pembeljaran sejarah. This study aims to obtain empirical data about utilization of Museum Bahari in Jakarta as history learning sources for high school students or vocational high school. This study uses a descriptive method with survey techniques through questionnaires. Answers from respondents are described in the form of frequency tabulations or percentages obtained from questionnaires. The Study population was visitors students in class X at SMKN 26 Jakarta, students in class XI at SMKN 60 Jakarta, students in class XII at SMAN 84 Jakarta. With the number of respondents as many as 54 students obtained using purposive sample Based on the results of the study showed that the use of Museum Bahari in Jakarta As History Learning Sources is good. This is supported by data of 100% can help students understand the material. 100% of the collections in Museum Bahari are related to Indonesian learning material during colonialism which studied the arrival of Europeans ( Portuguese, Spanish, English, and Dutch) in Indonesian. 72,3% of them stated that no constraint that faced in Utilization of Museum Bahari. So it can be concluded that utilization of Museum Bahari as history learning sources is very helpful in the process of learning history.
id IOS7130.5036
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-04-17T17:51:01Z
last_indexed 2020-04-17T17:51:01Z
recordtype dc
_version_ 1686502331857764352
score 17.538404