PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH
Daftar Isi:
- Pengembangan media pembelajaran Audio Visual berbasis Prezi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah ini didasarkan pada kenyataan bahwa keberadaan guru masih sedikit menggunakan media pembelajaran audio visual yang mempunyai spesifikasi berbasis Multimedia, lebih lanjut penelitian ini dilakukan sebagai jawaban akan tantangan internal Pendidikan Agama Islam yakni minimnya keinginan untuk mengembangkan media pembelajaran khususnya bagi para pendidik atau guru dan jawaban akan tantangan eksternal Pendidikan Agama Islam, yaitu dengan mendekatkan pendidikan dengan zaman globalisasi yang lebih mengedepankan aspek teknologi informasi yang serba cepat, praktis, efektif dan menyenangkan. Dalam penelitian pengembangan ini, Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun dalam penelitian ini akan dilaksanakan sampai kepada tahapan ketiga yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan) Adapun hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Peneliti telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis Prezi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (2) Peneliti menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran audio visual berbasis prezi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Materi Surah Al-Fatiha. The development of Prezi based Audio Visual learning media of Al-Qur’an Hadits Subject in the first grade of Madrasah Ibtidaiyah was considered to the fact that there were still a few teachers used audio visual learning that had multimedia background. Furthermore, this research was the answer of internal challenge of Islamic Education. The teachers were still lack of interest to develop the media, and also to answer the external challenge of Islamic Education. They could approach education with globalization era to follow the growth of information and technology which was fast, simple, effective, and delightful. In this research, the researcher used research method and Research Development (R&D) which refererred to 4-D development method or Thiagarajan method. It consists of 4 stages, they are defining, designing, developing, and disseminating. This research only reached 3 stages. They are defining, designing, and developing. The result showed that: (1). The researcher explained the detail of the development procedure of Prezi based audio visual learning media of Al-qur’an Hadits subject in the first grade of Madrasah Ibtidaiyah. (2) The researcher produced a product of Prezi based audio visual learning media of Al-qur’an Hadits subject in the first grade of Madrasah Ibtidaiyah. It was Al-fatihah material.