Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk evaluasi pelatihan berdasarkan dari komponen e-learning yaitu resource support issue dan evaluation issue dari pelatihan peningkatan kompetensi TIK yang diadakan oleh PUSTEKKOM. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi sumatif dan hal yang dievaluasi mengacu dengan komponen e-learning yang dikemukakan oleh Badrul Khan. evaluasi ini dilakukan atas dasar menelaah laporan pelaksanaan pelatihan yang mana didapati berbagai macam masalah ketika pelaksanaan pelatihan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner, wawancara dan observasi non partisipan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa hampir semua peserta merasa layanan yang diberikan oleh pustekkom sudah baik, dan sistem evaluasi yang dilakukan sudah cukup baik. // This study aims to evaluate training based on e-learning components, namely resource support issues and evaluation issues of ICT competency improvement training held by PUSTEKKOM. This research is an evaluation study using a summative evaluation model and the thing being evaluated refers to the e-learning component proposed by Badrul Khan. This evaluation is carried out on the basis of examining the report on the implementation of the training which found various kinds of problems when conducting the training. Data collection techniques carried out by distributing questionnaires, interviews and non-participant observation. The results of this training showed that almost all participants felt that the services provided by Pustekkom were good, and the evaluation system that was carried out was good enough