PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 50 JAKARTA
Main Author: | Shintia Dewi Putri, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/478/1/Skripsi%20Shintia%20Dewi%20Putri.pdf http://repository.unj.ac.id/478/ |
Daftar Isi:
- Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa SMK Negeri 50 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Maret 2017 sampai dengan bulan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 50 Jakarta yang berjumlah 632 siswa. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 212 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive, sehingga sampel penelitian ini berjumlah 60 responden yang diambil berdasarkan siswa-siswi berprestasi yang mendapatkan peringkat 10 besar di kelas. Untuk mendapatkan data hasil belajar (Y), dilakukan dengan cara menghitung rata-rata nilai hasil ulangan harian mata pelajaran Bahasa Inggris semester genap. Kemudian data motivasi berprestasi (X1) dan kemandirian belajar (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuesioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,991> nilai ttabel sebesar 2,002. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,679 > nilai ttabel 2,002. motivasi berprestasi dan kemandirian belajar secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 15,364 > nilai Ftabel 3,16. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 22,308 + 0,268 X1 + 0,429 X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,350 yang berarti motivasi berprestasi (X1) dan kemandirian belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 35%.