PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK HANG TUAH 1 JAKARTA
Main Author: | Ruth Fransiska Lambok, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/477/1/Skripsi%20RUTH%20FRANSISKA%20LAMBOK.pdf http://repository.unj.ac.id/477/ |
ctrlnum |
477 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/477/</relation><title>PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK HANG TUAH 1 JAKARTA</title><creator>Ruth Fransiska Lambok, .</creator><subject>HB Teori Ekonomi</subject><description>Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Hang Tuah 1 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Program Studi Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntasi, Pemasaran dan Multimedia SMK Hang Tuah 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasioanal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntasi, Pemasaran dan Multimedia yang berjumlah 280 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari data hasil belajar berdasarkan ulangan harian pada bulan Mei 2017 sedangkan data variabel X1 (Efikasi Diri) instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert serta data variabel X2 (Kemandirian Belajar) instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity ) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil realibilitas variabel X1 sebesar 0.885 dan mebuktikan bahwa instrumen tersebut realible. Teknik analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan didapat nilai X1 sebesar 0,357 X2 sebesar 0,350 dan Y sebesar 0,113 yang semuanya lebih besar dari signifikan 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian mencari uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji multikolinieritas nilai tolerance sebesar 0,618 yang lebih besar dari 0,1 dan VIF kurang dari 10 yaitu 1,617 dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinieritas. Selanjutnya mencari uji heteroskedastisitas dengan uji spearman’s rho, yang menghasilkan nilai signifikan X1 0,311 dan X2 0,384. Karena nilai signigikan lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 26,996+1,431X1+0,183X2. Uji yaitu uji F dalam table ANOVA, diketahui Fhitung 108,778 > Ftabel 3,07 Uji t menghasilkan thitung dari kemandirian belajar 2,874 > ttabel 1,981 dan thitung dari efikasi diri sebesar 9,603>ttabel 1,981. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil 66% siswa 34% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Hang Tuah 1 Jakarta.</description><date>2017-07-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/477/1/Skripsi%20RUTH%20FRANSISKA%20LAMBOK.pdf</identifier><identifier> Ruth Fransiska Lambok, . (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK HANG TUAH 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>477</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ruth Fransiska Lambok, . |
title |
PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK HANG TUAH 1 JAKARTA |
publishDate |
2017 |
topic |
HB Teori Ekonomi |
url |
http://repository.unj.ac.id/477/1/Skripsi%20RUTH%20FRANSISKA%20LAMBOK.pdf http://repository.unj.ac.id/477/ |
contents |
Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Hang Tuah 1 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Program Studi Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntasi, Pemasaran dan Multimedia SMK Hang Tuah 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Juni. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasioanal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntasi, Pemasaran dan Multimedia yang berjumlah 280 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari data hasil belajar berdasarkan ulangan harian pada bulan Mei 2017 sedangkan data variabel X1 (Efikasi Diri) instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert serta data variabel X2 (Kemandirian Belajar) instrument yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity ) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil realibilitas variabel X1 sebesar 0.885 dan mebuktikan bahwa instrumen tersebut realible. Teknik analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Komolgrov Smirnov Z dan didapat nilai X1 sebesar 0,357 X2 sebesar 0,350 dan Y sebesar 0,113 yang semuanya lebih besar dari signifikan 0,05 maka data berdistribusi normal. Kemudian mencari uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Dari hasil uji multikolinieritas nilai tolerance sebesar 0,618 yang lebih besar dari 0,1 dan VIF kurang dari 10 yaitu 1,617 dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi masalah multikolinieritas. Selanjutnya mencari uji heteroskedastisitas dengan uji spearman’s rho, yang menghasilkan nilai signifikan X1 0,311 dan X2 0,384. Karena nilai signigikan lebih dari 0,05 maka tidak terjadi masalah heteroskedastisitas. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 26,996+1,431X1+0,183X2. Uji yaitu uji F dalam table ANOVA, diketahui Fhitung 108,778 > Ftabel 3,07 Uji t menghasilkan thitung dari kemandirian belajar 2,874 > ttabel 1,981 dan thitung dari efikasi diri sebesar 9,603>ttabel 1,981. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh hasil 66% siswa 34% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMK Hang Tuah 1 Jakarta. |
id |
IOS7130.477 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2019-07-23T08:40:36Z |
last_indexed |
2019-07-23T08:40:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502313937600512 |
score |
17.538404 |