PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DI SMA
Main Author: | Syifa Khairu Nida, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/461/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/461/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berwawasan Lingkungan Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidkan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia berupa modul berwawasan lingkungan dengan menggunakan pendekatan problem based learning pada materi reaksi Reduksi Oksidasi kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi produk oleh ahli materi, bahasa, dan media, serta uji coba produk oleh peserta didik dan guru. Modul pembelajaran disusun dengan menerapkan langkahlangkah pendekatan problem based learning. Penyajian masalah dan rancangan kegiatan belajar disusun secara sistematis dengan tampilan yang menarik untuk menunjang minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh para ahli menunjukan hasil sangat baik dengan presentase penilaian >80%. Pada tahap akhir, hasil uji coba produk oleh peserta didik dan guru juga menunjukkan hasil yang sangat baik dengan presentase >85%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berwawasan lingkungan dengan pendekatan problem based learning yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam poses pembelajaran kimia. Kata kunci: .