Strategi Manajemen Kelas Guru Dalam Mengatasi Kelakuan Yang Mengganggu Di Dalam Kelas Bahasa Inggris (Studi Kasus di SMPN 134 Jakarta)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam kelakuan mengganggu yang ditemui di dalam kelas bahasa Inggris dan strategi-strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kelakuan mengganggu siswa di dalam kelas bahasa Inggris. Peneliti menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian dan data di dapatkan melalui observasi di dalam kelas dan wawancara guru. Data-data dalam penelitian ini adalah kelakuan siswa dan strategi-strategi guru, sumber data dalam penelitian ini adalah seorang guru yang mengajar di kelas 8, dan 70 siswa kelas 8 di SMPN 134 Jakarta. Penelitian ini diadakan di SMPN 134 Jakarta, dan data dari penelitian ini dikumpulkan pada bulan Maret sampai Mei 2016. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa macam-macam kelakuan mengganggu siswa yang lebih sering ditemukan di dalam kelas bahasa Inggris adalah berbicara. Hasil dari penelitian juga menunjukkan bahwa strategi-strategi yang lebih sering digunakan oleh guru dalam mengatur kelakuan mengganggu di dalam kelas bahasa Inggris adalah mengabaikan siswa. Guru pelu menghabiskan waktu yang berharga dan tenaga untuk mengatur kelakuan mengganggu yang ditemui di dalam kelas. Oleh karena itu, kelakuan mengganggu di dalam kelas harus diatur oleh guru agar membuat proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan mencapai tujuan pembelajaran.