PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLBN 02 JAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif di SLBN 02 Jakarta)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang mendalam mengenai pembelajaran seni tari bagi siswa tunarungu di SLBN 02 Jakarta yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat program perencanaan tahunan. Materi yang diberikan yakni tari kreasi yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran seni tari bagi siswa tunarungu adalah metode demonstrasi dan metode drill. Bentuk komunikasi yang digunakan selama pembelajaran adalah oral dan isyarat alami. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan tes tindakan. Peneltian ini berimplikasi terhadap siswa tunarungu dapat mengembangkan minat dan bakatnya, serta menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu penelitian ini juga berimplikasi pada pertimbangan dalam mengembangkan rancangan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran seni tari bagi siswa tunarungu.