Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kegiatan pembelajaran yang terjadi di kelas seperti yang tercermin dalam ujaran guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan desain qualitative sebagai desain penelitian. Ujaran guru dan siswa selama berinteraksi di dalam kelas direkam, ditranskripsikan, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode Initiation-Response-Followed up (IRF) untuk menentukan jenis ujaran. Selain itu analisa juga dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kegiatan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Dari hasil analisa ditemukan 862 ujaran; 562 (65%) ujaran guru dan 300 (35%) ujaran siswa. Di antara ujaran yang diperoleh ditemukan 50 (25%) kegiatan tanya jawab sebelum membaca teks, 10 (5%) kegiatan membaca nyaring, 50 (25%) kegiatan menjawab pertanyaan sesudah membaca teks, 40 (20%) kegiatan menulis hasil menyimak, 10 (5%) kegiatan menulis ulang teks yang diperdengarkan, 9 (4%) kegiatan menjawab pertanyaan, 1(1%) kegiatan mengingat rumus tenses, 7 (3%) kegiatan mengingat perubahan kata verba, 13 (6%) kegiatan mengingat kata, 6 (3%) kegiatan menuliskan kata dalam kalimat, dan 1 (1%) kegiatan menerjemahkan. Temuan ini menggambarkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah yang diamati didominasi oleh kegiatan menjawab pertanyaan setelah membaca teks.