Daftar Isi:
  • Evaluasi suatu program pendidikan perlu dilakukan secara regular, termasuk evaluasi terhadap praktek penilaian yang diberikan oleh dosen di dalam perkuliahan. Penelitian ini merupakan bagian dari suatu evaluasi pelaksanaan program perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, JBSing, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan proses kognitif yang terlibat di dalam praktek penilaian di mata kuliah CBA. Studi kualitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian ini dengan instrumen analisis dokumen dan hasil wawancara siswa. Penelitian dilakukan terhadap RPKPS mata kuliah Classroom Based Assessment dan sampel dari 10 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposeful sampling. Praktek penilaian yang dilakukan oleh dosen dikategorikan berdasarkan proses kognitif di taksonomi Bloom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kognitif yang terlibat di dalam praktek penilaian akhir adalah mengingat (8%), memahami (33%), menerapkan (17%), menganalisis (8%), mengevaluasi (17%), dan mengkreasikan (17%). Hal ini mengimplikasikan bahwa proses kognitif yang paling terlibat adalah dalam kategori memahami yang masih tergolong tingkat berpikir yang rendah. Pada akhir perkuliahan siswa diharapkan mampu untuk membuat alat penilaian sendiri. Oleh karena itu praktek penilaian yang dilakukan di dalam kelas CBA haruslah dirancang berdasarkan proses kognitif yang diperlukan mahasiswa untuk dapat membuat alat penilaian sendiri.