Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi gambaran pada guru Bimbingan dan Konseling/Konselor SMA Negeri DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah total populasi 195 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian yaitu survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari 43 butir pernyataan dan diadaptasi dari School Counselor Self Efficacy Scale Bodenhorn dan Skaggs (2005). Hasil uji validitas menghasilkan 42 item dinyatakan valid dan 1 item dinyatakan drop. Sedangkan uji reliabilitas menunjukan 0,8 yang artinya sangat reliable. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian guru Bimbingan dan Konseling/Konselor memiliki self-efficacy pada kategori tinggi. Artinya, guru Bimbingan dan Konseling/Konselor mempunyai perasaan yakin bahwa mereka mampu menyelesaikan tugas-tugas nya sebagai guru BK di sekolah.