PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PADA ANAK JALANAN DI KOMUNITAS BELAJAR SEJAHTERAKAN INDONESIA TANAH TINGGI – JAKARTA PUSAT
Main Author: | SRI EKO INDRIYANTI, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/3355/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unj.ac.id/3355/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran membaca pada anak jalanan yang diselenggarakan oleh Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia (KBSI) Tanah Tinggi, serta kendala apa yang dihadapi Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia (KBSI) dalam melaksanaan pembelajaran membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah pendidik, peserta didik dan pengurus komunitas. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan pendidik dalam pembelajaran membaca di KBSI Tanah Tinggi mengacu pada metode abjad dan metode kupas rangkai suku kata. Kendala yang dihadapi KBSI Tanah Tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran membaca adalah dari faktor peserta didik itu sendiri yang kurang disiplin.