PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP 2 JAKARTA

Main Author: NITA ERNITA, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/3351/1/ABSTRACT.pdf
http://repository.unj.ac.id/3351/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.unj.ac.id/3351/3/SKRIPSI%20NITA%20ERNITA.pdf
http://repository.unj.ac.id/3351/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metodeCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP 2 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metodeCooperative Interated Reading and Composition (CIRC) berpengaruhterhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP 2 Jakarta.Pada tahap penilaian, terdapat sepuluh aspek yang dinilai. Aspek tafsiran, kata sifat sikap, dan aspek kohesi koherensi paragraf merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling tinggi dari aspek yang lain. Pencapaian ketiga aspek tersebut menunjukkan 93% siswa sudah mengerti mengenai tafsiran, kata sifat sikap, dan kohesi koherensi paragraf pada saat kegiatan postes di kelas eksperimen, sedangkan aspek orientasi merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling rendah dari aspek yang lain yaitu sebesar 50%. Berdasarkan hasil di atas, metodeCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat dijadikan sebagai metode yang baik untuk pembelajaran teks ulasan selain itu, dapat diimplikasikan terhadap materi pembelajaran teks diskusi pada kompetensi dasar 3.2 dan 4.2.Guru disarankan melakukan persiapan yang matang dengan memperkaya referensi tentang macam-macam teks ulasan yang nantinya akan diberikan kepada siswa agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.