Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebutuhan komunikasi bahasa Inggris siswa dalam belajar matematika di kelas bilingual untuk kelas XI, SMA Budi Luhur Jakarta. Penelitian ini dilakukan dari 25 April sampai 8 Mei 2015, metode penelitian adalah deskriptif. Para peserta 19 siswa dan seorang guru matematika. Teknik pengumpulan data adalah survei melalui kuesioner dan wawancara. Hasil kuesioner dan wawancara menunjukkan bahwa siswa perlu empat kemampuan bahasa untuk komunikasi bahasa Inggris di kelas bilingual yaitu keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Keterampilan berbicara adalah kebutuhan siswa yang paling penting dan dikuti oleh keterampilan membaca, menulis dan mendengarkan. Kebutuhan lain adalah pengetahuan siswa tentang kosakata untuk mendukung kemampuan komunikasi bahasa Inggris. Berbicara dianggap sebagai kebutuhan penting sebagian besar siswa karena siswa mengalami kesulitan dalam keterampilan berbicara dan keterampilan mendengarkan ketika melakukan kegiatan bekerja dalam kelompok kecil selama di kelas, memberikan presentasi lisan dan meminta klarifikasi dari materi pembelajaran. Siswa membutuhkan pengetahuan tentang menggunakan tanda baca dan ejaan yang benar dalam hal komponen keterampilan menulis. Sementara itu, pada komponen keterampilan membaca, siswa membutuhkan pengetahuan tentang teknik membaca untuk membaca copied dan organisasi bacaan. Untuk memenuhi kebutuhan siswa, guru bahasa Inggris dapat memfasilitasi pengajaran di kelas bilingual melalui rancangan program yang tepat berdasarkan kebutuhan siswa.